PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LALOLAE DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NESTED BERBASIS BERPIKIR KRITIS

Darminton Mondolalo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa  pada kemampuan menulis teks anekdot di kelas X SMA Negeri 1 LaLolae. Hasil belajar yang diperoleh siswa belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah diputuskan oleh sekolah. Maka peneliti dan guru kelas memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model nested berbasis berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, RPP, dan dokumentasi. Faktor yang diselidiki adalah faktor siswa, faktor guru, dan faktor pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa proses dan hasil keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA 1 Lalolae menggunakan model nested berbasis berpikir kritis meningkat.

Keywords


kemampuan siswa, menulis, dan anekdot

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v3i2.2889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.