SASTRA MISTERIUS DALAM DUNIA SIBER MASA KINI

Setiyowati Ryski Anggraeni, Rianna Wati

Abstract


 Sastra merupakan sebuah karya seni bermedium bahasa yang memiliki fungsi sebagai pendidikan, pengajaran, dan hiburan. Adanya fungsi-fungsi tersebut menibulkan munculnya kreativitas dalam penciptaan sebuah karya sastra. Kreativitas dalam penciptaan karya sastra berupa adanya tema atau kategori dalam sebuah karya sastra. Kategori dalam sebuah karya sastra salah satunya adalah sastra misterius. Dalam perjalanan sastra yang semakin maju tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi di masa kini. Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap penciptaan karya sastra dan perkembangannya. Dampak dari kemajuan teknologi terhadap karya sastra adalah kemunculan sastra siber. Sastra siber sendiri adalah sebuah sastra yang muncul dengan memanfaatkan teknologi jaringan internet. Kemunculan sastra siber menjadi sebuah hal yang membantu proses latihan penciptaan karya sastra sekaligus media promosi. Aplikasi penyedia situs menulis dan membaca yang cukup digemari saat ini adalah wattpad. Situs website juga menjadi media penyebaran karya sastra. Selain aplikasi wattpad dan situs website, akun media sosial seperti facebook dan twitter juga ikut serta berkontribusi dalam dunia sastra siber. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang bagaimana ketertarikan para pembaca mengenai sastra misterius dalam dunia siber masa kini. 


Keywords


Sastra, Sastra misterius, sastra siber, aplikasi, website, media sosial

Full Text:

PDF

References


Buku

Ratna, Nyoman Kutha. 2017. Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santana K., Septiawan. 2010. Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Susanto, Dwi. 2016. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Prosiding seminar

Septriani, Hilda. 2016. Fenomena Sastra Cyber: Sebuah Kemajuan atau Kemunduran? Prosiding Seminar Nasional Sosiologi Sastra. Universitas Indonesia, Depok Indonesia 10-11 Oktober 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i1.3082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.