PENANAMAN DINAMIKA LITERASI PADA ERA 4.0

Endang Sumarti, Mohamad Jazeri, Nurina Putri Manggiasih, Dewi Masithoh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman dinamika literasi pada era 4.0 di Tulungagung, yang meliputi pelaksaan penanaman dinamika literasi, program yang dilakukan, perubahan, serta tantangan literasi pada era 4.0. Data penelitian ini berupa kegiatan literasi dan wawancara dengan pegiat literasi di Kecamatan Kedungwaru Tulungagung. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang pelaksaan penanaman dinamika literasi di era 4.0. Wawancara digunakan untuk mengetahui proses awal digagasnya dinamika literasi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan dinamika literasi. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan pelaksanaan penanaman dinamika literasi pada era 4.0 di Kecamatan Kedungwaru Tulungagung berawal dari niat mengangkat potensi individu untuk mau berliterasi dan memberdayakan potensi desa untuk kegiatan literasi. Peran dukungan dari masyarakat dan pemerintah terbukti sangat menunjang. Sebagai tantangan literasi 4.0, individu harus mampu berliterasi dengan teknologi secara cerdas. Mengembangkan potensi literasi yang ada dengan memanfaatkan media.


Keywords


penanaman literasi, dinamika literasi, literasi era 4.0

Full Text:

PDF

References


Achmad Uzair Fauzan. (2018). MORALITAS, PASAR, DAN GERAKAN DAKWAH: Dinamika Literasi Generasi Milenial di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/sosiologireflektif/article/view/131-11

Amir. (2010). Pengertian Sastra. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_JERMAN/19611110195031AMIR/Bahan_Ajar_dan_Silabus_Deutsche_LiteraturI_2010/PENGERTIAN_KESUSASTRAAN.pdf

Berita Pojok. (2016). N. Retrieved from htttp://gobekasi.pojoksatu.id/2016/05/19/survei-unesco-minat-baca-masyarakat-indonesia-0001-persen/

Danim Suwardana. (2019). Literasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2509

Gewati. (2016). No Title. Retrieved from http://edukasi.kompas.com/read/2016/0/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia

Hendra Suwardana. (2017). Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental. Retrieved from http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jatiunik/article/view/117

Heru Susanto. (2016). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Mea. Singkawang: STKIP Singkawang. Retrieved from ttp://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JP-BSI/article/view/70/pdf

Lifia Yola Putri Febrianti dan Oviolanda Irianto. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Mea. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282

Miles dan Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif (Terjemahan Tjetep Rohendi R). Jakarta: UI Press.

Mohamad Jazeri. (2010). Bahasa Indonesia untuk Karya Ilmiah. Tulungagung: Cahaya Abadi.

Muhammad Muiz. (n.d.). Gerakan Literasi Nasional: Peneingkatan Kecintaan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menjadi Bangsa Pembaca. Aceh.

Rohmah, T. R. S. (2018). Membangun Kearifan Lokal melalui Gerakan Literasi Mibanda (MICINTA BACA TULIS AKSARA SUNDA) di SDN Sukahayu Kabupaten Subang. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/390

Sumarti, E. (2017). GANGGUAN KOMUNIKATIF DALAM TUTURAN LISAN ANAK AUTIS. LITERA, 16(2), 282–294.

Wawancara dengan pegiat literasi di Kecamatan Kedungwaru Tulungagung, Bunda Tjut Zakiyah. 18 Agustus 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i1.3458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.