ANALISIS PENERAPAN REDUPLIKASI PADA NOVEL GIA THE DIARY OF A LITTLE ANGLE KARYA IRMA IRAWATI

Haninah Mabsuthoh, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Banyak orang yang belum memahami betul tentang kata ulang atau reduplikasi, karena adanya kekeliruan ketika membedakan kata ulang tersebut. Apakah kata ulang tersebut termasuk reduplikasi atau kata dasar yang mengalami pengulangan saja. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kata ulang yang diterapkan dalam novel Gia The Diary of A Little Angle karya Irma Irawati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis reduplikasi yang diterapkan dalam novel Gia The Diary of  A Little Angle karya Irma Irawati adalah kata ulang seluruh, kata ulang sebagian, kata ulang berimbuhan, kata ulang berubah bunyi, dan kata ulang semu. Ditemukan sebanyak 47 kata ulang seluruh, 17 kata ulang sebagian, 5 kata ulang berimbuhan, 1 kata ulang berubah bunyi, dan 4 kata ulang semu.

Keywords


Penerapan, Reduplikasi, dan Novel.

Full Text:

PDF

References


Adrianus, A. Mursalim. dan Rijal, S. 2018. Reduplikasi dalam Bahasa Dayak Murut Tahol di Desa Tau Lumbis Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan. Jurnal Ilmu Budaya. 2 (1): 37.

Agustina, I. 2015. Reduplikasi pada Karangan Siswa Kelas VII B SMPN 1 Teras Boyolali. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Hermawan, A. 2015. Unsur Intrinsik Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Sebagai Alternatif Bahan Ajar Membaca di SMP. Jurnal Riksa Bahasa. 1 (2): 147.

Husna, A. 2017. Proses Morfologis Reduplikasi dalam Novel Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang Karya Boy Candra. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah, Makassar.

Irawati, I. 2018. Gia The Diary of A Little Angle. Bhuana Ilmu Populer-Jakarta.

Johan, G.M. dan Rindawati. 2018. Interferensi Morfologis Bahasa Simeulue dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V SD Negeri 10 Simeulue Tengah. Jurnal Metamorfosa. 6 (1):30.

Nugraheni, A.S. Bahasa Indonesia Berbasis Pembelajaran Aktif. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga-Yogyakarta.

Putri, R.A. 2017. Analisis Kontrastif Reduplikasi Bahasa Jawa dengan Bahasa Indonesia. Jurnal Arkhais. 8 (2): 2.

Rusyana, Y. dan Samsuri. 1976. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan-Jakarta.

Suminar, R.P. 2016. Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Unswagati. Jurnal Logika. 6 (3): 115.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.