NILAI MORAL DALAM TOKOH UTAMA FILM AJARI AKU ISLAM SUTRADARA DENI PUSUNG DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XI SMA

Agus Susanto, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik film Ajari Aku Islam sutradara Deni Pusung; (2) nilai moral film Ajari Aku Islam sutradara Deni Pusung; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi nilai moral film Ajari Aku Islam sutradara Deni Pusung di kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intriksik dalam film Ajari Aku Islam sutradara Deni Pusung meliputi tema; tokoh dan penokohan; alur; latar; amanat; akting; dialog; (2) nilai moral dalam film Ajari Aku Islam meliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan, yaitu beribadah (salat, berdoa dan membaca Alquran); (b) hubungan antara manusia dengan diri sendiri, yaitu jujur, percaya diri, bertanggung jawab dan bermimpi yang tinggi; dan (c) hubungan manusia dengan manusia lain, yaitu berbagi dengan sesama, merawat orang tua, bekerja sama serta gotong royong dan saling menolong. (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi nilai moral pada film Ajari Aku Islam di kelas XI SMA terdiri dari menyampaikan materi tentang unsur intrinsik drama dan nilai-nilai yang terdapat dalam karya sastra; melakukan pemutaran film Ajari Aku Islam, mengidentifikasi dan menganalisis unsur intriksik dan nilai moral pada film Ajari Aku Islam secara berkelompok; membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hasil diskusi setiap kelompok dengan kelompok lain; memberikan kesempatan peserta didik untuk melaporkan hasil pekerjaan.Kata kunci: unsur intrinsik, nilai moral, rencana pelaksanaan pembelajaran

Keywords


Sastra, Nilai moral, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid.2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral Landasan Konsep Dasar Implementasi. Bandung: Alfabeta

Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian pendidikan Bahasa dan sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.

Nurgiantoro, Burhan. 2012. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2019. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Nurul. 2015. Pendidikan moral dan budi pekerti dalam prespektif perubahan. Jakarta: Bumi Aksa

Sudaryanto, eds. 1991. Bahasa Sastra Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Perss.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno. 2009. Sistem Membaca Pemahaman yang Efektif. Purworejo: UMP Press.

Waluyo, Herman. J. 2011. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.

Widiasih, Dwi. 2015. “Nilai Moral Novel Surga yang tak Dirindukan Karya Asma Nadia dan Rencana Pelakasanaan Pembelajarannya di SMA”. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.

Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i1.3581

Refbacks



 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.