PERBANDINGAN MAKNA METAFORA TUMBUHAN DALAM PRIBAHASA MANDARIN DAN INDONESIA

Lily Thamrin, Suhardi Suhardi

Abstract


Penelitian peribahasa mandarin dan bahasa Indonesia yang berhubungan dengan metafora tumbuhan merupakan penelitian yang menggunakan nama-nama ataupun sifat dari tumbuhan yang memiliki kesamaan terhadap perilaku manusia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui nama tumbuhan apa saja yang digunakan dalam peribahasa mandarin maupun peribahasa Indonesia serta intepretasi dari metafora tumbuhan yang digunakan dalam peribahasa mandarin dan peribahasa Indonesia. Data penelitian dikumpulkan dari dari berbagai sumber seperti kamus peribahasa Mandarin dan peribahasa Indonesia serta beberapa literasi. Data yang terkumpul kemudian di selaraskan dengan permasalahan penelitian yaitu penggunakan nama tumbuhan pada peribahasa Mandarin dan peribahasa Indonesia. Metode menganalisisan data adalah menggunakan metode perpadanan. Mencocokan makna metafora tumbuhan dengan nama tumbuhan yang digunakan apakah memiliki persamaan ataupun perbedaan yang dimana peribahasa kedua negara memiliki tradisi ataupun kebiasaan hidup yang berbeda.

Keywords


peribahasa, metafora, tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Fanani, U. Z. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Nijijukugo (Dua Pasang Kanji) dalam Novel Yukiguni (Daerah Salju) Karya Kawabata Yasunari. ASA, 4(1).

Jia, N. (2013). A CONTRASTIVE STUDY OF RUSSIAN AND CHINESE FLOWER METAPHORS. Shenyang Normal University.

Kinanti, K. P., & Rachman, A. K. (2019). METAFORA TUMBUHAN DALAM PERIBAHASA INDONESIA (KAJIAN SEMANTIK KOGNITIF). BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 68–81. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/bb.v4i1.1867

Li Shenglan, H. R. (2013). The Contrast between Chinese and Thai Language in the Sources of Idioms for Plants. Journal of Nanning Polytechnic, 1, 74–77.

Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nirmala, deli-. (2014). PROSES KOGNITIF DALAM UNGKAPAN METAFORIS. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 4(1 April), 1–13. https://doi.org/10.14710/PAROLE.V4I1 APRIL.1-13

Saed, J. I. (1999). Semantics. Cambridge.

Yang Lijun, X. R. (2014). 英汉植物隐喻认知对比分析. 文史博览 (理论), 1, 17.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.