KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK NEGERI 1 KEDAWUNG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Teguh Iman Perdana, Hendry Sugara

Abstract


Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh masyarakat Indonesia dalam menghadapi era digital adalah kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan bagian keterampilan hidup yang perlu dikembangkan dalam menghadapi era informasi dan suasana bersaing yang semakin ketat. Pada kenyatannya, berdasarkan temuan hasil penelitian baik berskala nasional ataupun internasional membuktikan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih jauh dari harapan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran belum sepenuhnya dapat memupuk kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti dalam mengkaji penggunaaan model pembelajaran yang dapat memupuk kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan rancangan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pengukuran akhir (posttest) menggunakan model pembelajaran PBL. Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Kedawung dengan sumber data penelitian adalah kelas XI SMK Negeri 1 Kedawung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif, yaitu teknik statistik sederhana yang hanya menghitung frekuensi nilai dan rata-rata. Setelah nilai diperoleh selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan tingkat kemampuannya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model problem based learning berada pada kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 78,37 dengan nilai tertinggi sebesar 92 dan nilai terendah sebesar 60. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning sesuai digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Keywords


model pembelajaran, problem based learning, berpikir kreatif,

Full Text:

PDF

References


Nurmasari, N., Kusmayadi, A, T., Riyadi. (2014). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota BanjarBaru. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 2, No. 4.

Florida, Richard dkk. (2015). The Global Creativity Index 2015 [Online]. Diakses dari http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:868391/FULLTEXT01.pdf

Cheung, dkk. (2003). Teaching Creative Writing Skills to Primary School Children in Hong Kong:Discordance Between the Views and Practices of Language Teachers [Online]. Diakses dari https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/j.2162-6057.2003.tb00827.x

Husnidar, dkk. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa”. Jurnal Didaktik Matematika, Vol.1, No. 1, hlm. 71-82.

Noer, Sri Hastuti. (2011). “ Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended”. Jurnal Pendidikan Matematika Unsri, Vol.5, No.1, hlm. 104-111.

Arends, R. I. 2012. Learning to Teach (9th ed). New York, NY: Mc Graw Hill Companies.

Arends, R. I., & Kilcher, A. 2010. Teaching for Student Learning; Becoming an Accompilished Teacher. New York, NY: Routhledge.

Pannen, P.D, Mustafa.,dan M, Sekarwinahyu. 2005. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Depdiknas. Jakarta.

Eggen, P., & Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajar: Konten dan Keterampilan Berpikir. (terjemahan Satrio Wahono). Boston: Pearson Educational Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.