PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI DEPAN KELAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BEHAVIORAL SYSTEM FAMILY

Nia Rohayati, Andri Noviadi

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan Model  Behavioral   System  Family dalam meningkatkan ketrampilan  berbicara  di depan  kelas. Penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas. Peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara di depan kelas  berdasarkan  model  belajar Model  Behavioral   System  Family dengan   menempuh tahapan sebagai  berikut: (1 ) menyusun perencanaan pembelajaran  berbicara di depan kelas berdasarkan langkah - latigkah Model  Behavioral   System  Family (2) melaksanakan pembelajaran berbicara di depan kelas  sesuai dengan tahapan ; (3) mengobservasi dan mengevaluasi aktivitas  hasil belajar- siswa,  (4 ) menindaklanjuti hasil refieksi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa yang terevaluasi proses yang ditempuh dalam setiap tahapan ini, yang dilakukan guru ketentuan tercapainya tujuan yang diharapkan. Aktivitas belajar siswa bukan saja secara bertahap sesuai rambu- rambu, dan memahami  perannya  sebagai apa dalam anggota kelompoknya. Antara siswa tampak senang dan antusias berbagi ide dan bertanya jawab, tetapi juga santun dalam melakukan hal itu. Itu sebabnya Model  Behavioral   System  Family dapat meningkatkan dalam berbicara siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata hasil ulnngan harian, yakni siklus I inencapai 6,0 pada siklus II Jadi 7,8

Keywords


Berbicara, Model Behavioral System Family

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasat Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Barr, Robert., Bart, James L. & Sherinis, S. Samuel. 1978. The Nature of The Social Studies. California: ETC Publication.

Borg & Gall. 2003. Educational Research. New York: Allyn and Bacon.

Depdiknas. 1997. Sumber dun Media Pembelajaran IPS. Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.

Hermawan, Asep. 2007. Pengembangan Profesi Guru Melalui Tindakan Replektif dan Aplikatif Diri Lswnjutan Peneliti Mahir dalom Penelitiati Tindakan Kelas. Makalah: Tidak Dipublikasikan.

---------- 2007. Strategi Peningkatan Kinerja Guru dalam Mengelola Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakkan Kelas Secara Profesional dan Bermutu. Makalah: Tidak Dipublikasikan.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Idrak, M.,dkk. 2007. Ringkasan Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Lengkap. Yogyakarta: Messemcdia.

Kunandar-. 2007. Langkah - langkah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai PengetahuanProfesi Guru. Jakarta: Rajawali Pt css.

Moloeng, Lexy 1. 2000. Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulilm Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Rosda Karya.

Natawidjaja, Rohman. 1985. Cara Belajar Siswa Aktif dan Penerapan dalam Metode Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendcral Dikdasmen Depdiknas.

Nasution, S. 1989. Asus-asas Mengajar . Bandung: Jemniars.

Sudjana, Nana. 1991. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru.

--- --- ------ 2001 . Penelitian dan Penilaian Pendidikan . Bandung : Sinar Baru.

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar.

Wiriaatmadja, Rock iati. 2005 Penelitian Ti

ndakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.