ANALISIS NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE DALAM PENDEKATAN PSIKOLOGI SASTRA

Alfrija Irza Sahara, Annisa Aulia Rahmadani, Fitriani Lubis, Emasta Evayanti Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk analisis novel “Ayahku (Bukan) Pembohong” Karya Tere Liye dalam Pendekatan Psikologi Sastra. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif deskriptif. Penggunaan metode deskriptif dalam penelitian karya sastra ialah meneliti bagian kata-kata, kalimat-kalimat, integrasi dari kata dan kalimat, aspek kebahasaan yang tidak memiliki referensi, dan penelitian ini juga menggunakan pendekatan behavioristik. Pendekatan behavioristik mengkaji tentang respon perilaku yang diamati dalam suatu kejadian yang ada di sekitar lingkungan. Sehingga peneliti dapat menggunakan pendekatan psikologi behavioristik untuk menentukan emosi yang ada di dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan data berbentuk kata, ungkapan, kalimat, ataupun paragraf yang menunjukkan peristiwa-peristiwa yang melatarbelakangi emosi positif maupun negatif pada tokoh-tokoh yang ada di dalam novel tersebut. Hasil penelitian dari novel “Ayahku (Bukan) Pembohong” Karya Tere Liye terdapat berbagai macam bentuk emosi yang meliputi aspek emosi positif dan negatif. Pada aspek emosi positif terdiri atas bahagia, cinta, semangat kerja, perhatian dan kasih sayang, serta optimis. Sedangkan pada aspek emosi negatif terdiri atas marah, benci dan sedih.

Keywords


Psikologi, Karya Sastra, Emosi

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, 2002. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Astuti, R.E., Mujiyanto, Y., Rohmadi, M. 2016. Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 4 (2): 175-187.

Asnawi, Sahlan. 1999. Semangat Kerja dan Gaya Kepemimpinan. Jurnal Psikologi. (2): 86-92.

Desminta. 2007. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Rosda.

Minderop, Alberrtine. 2010. Psikologi Sastra. Jakarta: Buku Obor.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nuraeni, R.S., Humaira, H.W., Firdaus, A. 2020. Konflik Sosial dalam Cerpen Pengunyah Sirih, Menjaga Perut dan Ikan Terbang Kufah melalui Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurnal Literasi. 4 (2): 114-120.

Sarwono, Sarlito W. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosela.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.