Transformasi Film ke Novel Susah Sinyal Karya Ika Natassa dan Ernest Prakasa

Nadila Siti Rahmah, David Setiadi, Asep Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses transformasi dalam bentuk penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi pada film Susah Sinyal karya Ernest Prakasa ke dalam novel Susah Sinyal karya Ika Natassa dan Ernest Prakasa. Dalam proses  transformasi film ke dalam karya sastra atau sebaliknya selalu menimbulkan perubahan, sebagai akibat dari perbedaan media dan hasil interpretasi pengarang dan sutradara, perubahan tersebutlah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Tujuan penelitan untuk mendeskripsikan transformasi film ke dalam novel Susah Sinyal. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa proses transformasi yang terjadi dari film ke novel Susah Sinyal yaitu: 1) Penciutan atau pengurangan alur, latar dan tokoh pada film ke novel Susah Sinyal. 2) Penambahan alur, latar dan tokoh pada film ke novel Susah Sinyal. 3) Perubahan Variasi alur, latar dan tokoh pada film ke novel Susah Sinyal. Perubahan pada novel Susah Sinyal disebabkan karena sulitnya mengintrepertasikan imaji visual menjadi imaji lingustik sehingga membuat pengarang mengambil langkah untuk merubah maupun mengurangi beberapan adegan di dalam film pada novelnya sehingga mudah untuk di pahami oleh pembaca tanpa berpengaruh pada jalannya cerita. Lalu penambahan yang terjadi pada alur, latar dan tokoh disebabkan karena untuk menceritakan hal hal yang tidak bisa ada dalam film karena keterbatasan waktu.

Keywords


Film, Novel, Transformasi, Alih Wahana

Full Text:

PDF

References


Carolin, Eva. 2014. Bias Karakter Tokoh Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karangan Ahmad Tohari Dan Film Sang Penari Karya Ifa Isfansyah (Perspektif Generic Study). Tesis. Fakultas Sastra dan Seni Universitas Negeri Jakarta.

Damono, Sapardi Djoko. 2015. Pegangan Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Pusat bahasa.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyawati.

Eneste, Pamusuk. 1991.Novel dan Film. Floers: Nusa indah.

Imran, Ali. 2005. Intertekstualitas Puisi Padamu Jua Amir Hamzah dan Puisi Doa Chairil Anwar: Menelusuri Cahaya Alqur’an dalam Puisi Sufistik Indonesia. Dalam Kajian Linguistik dan Sastra Vol. 7 (32):75—87. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Natassa, Ika & Prakasa, Ernest. 2018. Susah Sinyal. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kulaitatif. Bandung: Alfabeta.

Agnes, Tia. ‘Susah Sinyal’ Segera Hadir dalam Bentu Novel.

http://hot.detik.com/book/d-3788366/susah-sinyal-segera-hadir-dalam-bentuk-novel. Diakses tanggal 24 Juni 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.