ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM CERPEN PEREMPUAN YANG BERENANG SAAT BAH KARYA ISBEDY STIAWAN ZS

Meyvani Chintyandini, Ekarini Saraswati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai sosial yang terdapat dalam Cerpen “Perempuan yang Berenang Saat BAH” Karya Isbedy Stiawan ZS. Teori yang digunakan adalah teori humanisme yang dilontarkan oleh Abraham Maslow dengan pendekatan sosiologi sastra. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah cerpen Perempuan Yang Berenang saat BAH karya Isbedy Stiawan ZS. Data penelitian ini berupa kutipan paragraph dan penggalan kalimat yang mengandung unsur nilai sosial. Sumber data primer di dalam penelitian ini adalah cerpen Perempuan yang berenang saat BAH. Sumber sekunder dalam penelitian ini meliputi artikel sastra, journal sastra, dan bacaan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sosial yang terkandung yaitu, 1) Cinta dan kasih sayang kepada lawan jenis, 2) Rasa kemanusiaan, 3) Rasa aman dan perlindungan, 4) Kasih sayang ibu kepada anak, 5) Patuh terhadap orang tua, 6) Keikhlasan, dan 7) Penyesalan

Full Text:

PDF

References


Daradjat Zakiah. (1975). Ketenangan dan Kebahagiaan Dalam Keluarga . Jakarta: Bulan Bintang

Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Kador, J. (2009). Dahsyatnya Maaf: Bagaimana Kata yang Mudah tetapi Sulit Dilakukan Ini menjadi Kekuatan Positif dalam Hidup Anda?. Pustaka Alvabet.

Khoirul, M., Idayanti, R., & Munawiroh, A. (2019). Peran Perempuan dalam Penanganan Bencana : Studi Meningkatkan Rasa Kemanusiaan Pada Jiwa Perempuan dalam Penanganan Bencana. 12(1), 583–595.

Maulita, N., Wiranata, M. S., & Hamidah, J. (2020). Analisis Nilai Sosial Dalam Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A.A Navis Sebagai Media Pembelajaran Karakter Pada Siswa Kelas XI.

Onong Uchjana Effendy. 2003.Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Adtya Bakti

Pambudi, A. S. (2017). Potret Kasih Sayang Ibu Dalam Karya Lukis Realis Kontemporer. In Serupa The Journal of Art Education (Issue 6). Universitas Negeri Padang.

Paramitasari, R., & Alfian, I. N. (2012). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 1(02), 1–7. http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/110511131_1v.pdf

Purwandi, E., Agustina, E., & Canhras, A. (2018). Nilai Religius dan Nilai

Sosial Dalam Materi Pembelajaran Sastra (Cerpen) Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(2), 154–159.

Rahmah, Y., & Putri, A. E. (2019). Nilai sosial dalam cerpen shabondama. 3(3).

Saini dan Sumarjdo. 1987. Apresiasi Kesusasteraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Suaka, I. N. (2014). Analisis Sastra Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ombak Dua.

Sutri. (2020). Nilai sosial dalam kumpulan cerpen keluarga owig karya adhimas prasetyo, dkk (kajian sosiologi sastra). Tabasa, 1(1), 16–33.

Sholihat, I., & Nasrullah, D. D. (2017). Konseling pada anak korban bencana alam: play therapy perspektif. 3, 119–125. http://jambore.konselor.org/

Wahyuni, P. (2019). Nilai Sosial Dalam Cerpen “Titik Di Kala Senja” Dalam Antologi Cerpen Penjara. 8(2), 95–102. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/3500/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.