VARIASI URUTAN PERISTIWA DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DI SMP

Ratna Wulansari, Miftakhul Huda

Abstract


Logika siswa dapat tercermin dari tulisan siswa. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran menulis yaitu menulis kembali cerita pendek. Siswa memiliki karakter dan cara berpikir sendiri yang sesuai dengan pola pikir yang diinginkan. Perbedaan pola pikir akan menimbulkan perbedaan pada hasil bentuk pemikiran. Hasil tulisan siswa akan berbeda-beda dan memiliki ciri yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan menguraikan variasi urutan peristiwa cerita pendek pada siswa kelas IX B SMP N 1 Polanharjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Desain Penelitian ini adalah analisis dokumen. Data berupa urutan peristiwa cerita pendek dalam karangan siswa berdasarkan cerita pendek berjudul Hal Terindah yang Ku Miliki karya Ayu Sulastri di kelas IX B SMP N 1 Polanharjo. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian adalah dokumen yang berupa karangan siswa menulis kembali cerita pendek berjudul Hal Terindah yang Ku Miliki karya Ayu Sulastri di kelas IX B SMP N 1 Polanharjo berjumlah 20 siswa di kelas IX B SMP N 1 Polanharjo. Analisis data menggunakan teknik analisis jalinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi urutan peristiwa cerita pendek karangan siswa berdasarkan cerita pendek berjudul Hal Terindah yang Ku Miliki karya Ayu Sulastri di kelas IX B SMP N 1 Polanharjo begitu beragam terdapat 5 variasi urutan peristiwa yang terdapat dari 20 karangan siswa. Bentuk-bentuk variasi urutan peristiwa cerita pendek yaitu, Variasi urutan perisitwa yang ditemukan yaitu (1) Variasi urutan peristiwa runtut sebanyak 5%; (2)  Variasi pengurangan urutan peristiwa 55%; (3) variasi pengurangan dan penambahan urutan peristiwa 15%; (4) Variasi pengurangan dan lompatan urutan peristiwa 20%; dan (5) Variasi pengurangan, penambahan, dan lompatan urutan peristiwa 5%. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan penulis, pembaca, guru, siswa, dan pencinta sastra dalam memahami variasi urutan peristiwa cerita pendek.

Keywords


logika, menulis kembali, variasi urutan peristiwa, cerita pendek

Full Text:

PDF

References


Anindyarini, A. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Hidayat, A. R. 2018. Filsafat Berpikir Teknik-Teknik Berpikir Logis Kontra Kesesatan Berpikir. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Huda, M, dan Purwahida, R. 2013. Keruntutan Alur dalam Pembelajaran Menulis Melalui Teknik Recount. 128-147.

Kerti, I. W. 2020. Mengenali dan Menulis Ide menjadi Cerpen. Bali: Surya Dewata.

Laelasari, dan Nurlailah. 2008. Kamus Istilah Sastra. Bandung: Nuansa Aulia.

Lianawati, W.S. 2018. Menyelamatkan Keindahan Sastra Indonesia. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Marwoto. 2009. Tema dan Amanat dalam Cerita Pendek Indonesia. Semarang: Sindu Press.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurmalisa, D. 2016. Keterampilan Menulis Kembali Dongen dengan Teknik Bola Panas. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 19(2).

Nuryatin, A. 2010. Mengabdikan Pengalaman dalam Cerpen. Semarang: Yayasan Adhigama.

Gasong, D. 2019. Apresiasi Sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmadhanti, D. 2018. Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Ranjabar, J. 2015. Dasar-dasar Logika Sebuah Langkah Awal untuk Masuk ke Berbagai Disiplin Ilmu dan Pengetahuan. Bandung: Alfabeta

Ratminingsih, N.M. 2017. Metode dan Strategi Pembeajaran Bahasa Inggris. Depok: Rajawali Pres.

Rohman, S. 2020. Pembelajaran Cerpen. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Sugiarto, E. 2014. Mahir Menulis Cerpen: Panduan bagi Pelajar. Yogyakarta: Suaka Media.

Sutarni, dan Sukardi. 2008. Bahasa Indonesia 1 untuk SMA Kelas X. Jakarta: Quadra.

Wiyanto, A. 2011. Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk SMA&SMA Kelas XI Program Studi IPA/IPS. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.