ANALISIS PEREMPUAN SUBALTERN DALAM CERPEN INEM KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER (KAJIAN SUBALTERN GAYATRI SPIVAK)

Inge Hilya Lentera Pradani, Ika Naviri Anitasari, Dwi Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya bentuk dominasi penjajah terhadap perempuan subaltern, terutama di bidang pernikahan dini. Jenis penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan data yang bersumber dari uraian dan dialog yang berkaitan dengan masalah penelitian. Objek yang digunakan adalah objek material dan objek formal. Objek materialnya berupa cerpen Inem karya Pramoedya Ananta Toer dan untuk objek formalnya adalah bentuk penindasan kaum perempuan subaltern. Metode studi pustaka digunakan dalam melakukan pengumpulan data dengan teknik simak catat.Hasil penelitian menunjukan adanya dominasi penjajah dalam bentuk penindasan dari peninggalan sistem imperialisme yang memisahkan kelas atas dan kelas bawah serta budaya patriarki. Bentuk penindasannya sendiri berupa permaginalan, pemaksaan pernikahan dini, pelecehan seksual, dan kekerasan fisik. Sementara itu, bentuk perlawanan dari kaum perempuan subaltern terdiri dari pencegahan pernikahan dini melalui pendapat dan perceraian.

Keywords


perempuan, subaltern, kolonial, patriarki, perlawanan, penindasan, Gayatri Spivak

Full Text:

PDF

References


Bahardur, I. (2017). Pribumi Subaltern dalam Novel-novel Indonesia Pascakolonial. Gramatika: 89-100.

Bahardur, I. (2020). Subaltern jugun ianfu dalam cerpen Kapotjes dan Batu y ang Terapung karya Faisal Oddang: Tinjauan poskolonial Gayatri Spivak. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 188-204.

Putri, A. A. (2021). Eksploitasi Terhadap Kaum Subaltern Dalam Novel Perempuan Kembang Jepun Karya Lan Fang (Suatu Tinjauan Poskolonial Gayatri Spivak) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Saputra, A. D. (2011). Perempuan Subaltern dalam Karya Sastra Indonesia Poskolonial. LITERASI: 16-30.

Saputri S, N. F. (2019). Dominasi Penjajah Terhadap Subaltern Dalam Novel Larasati Karya Pramoedya Ananta Toer (Suatu Pendekatan Poskolonial Gayatri C. Spivak) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Setiawan, R. (2018). Subaltern, Politik Etis, dan Hegemoni dalam Perspektif Spivak. Poetika: Jurnal Ilmu Sastra, 12-25.

Sulistianawati. (2020). PRIBUMI SUBALTERN DALAM NOVEL LAMPUKI KARYA ARAFAT NUR (KAJIAN POSKOLONIAL GAYATRI C. SPIVAK) . Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 155-167.

Sulistiniawati, S. (2020). Pribumi Subaltern dalam Novel Lampuki Karya Arafat Nur (Kajian Poskolonial Gayatri C. Spivak). Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 155-167.

Suryawan, I. N. (2009). Bali Pascakolonial: Jejak Kekerasan dan Sikap Kajian Budaya. Kepel Press. Yogyakarta.

Winda Dwi Lestari, S. S. (2018). Kaum Subaltern Dalam Novel-Novel Karya Soeratman Sastradihardja: Sebuah Kajian Sastra Poskolonial (Subaltern In Novels By Soeratman Sastradihardja: A Post-Colonial Literature Study. Widyaparwa: 178-188.

https://www.narakata.id/karya/cerpen-inem/ (diakses pada Senin, 7 Juni 2021 pukul 19.32 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.6060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.