KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS WIRALODRA DI MASA PANDEMI COVID-19

Eny Tarsinih, Imas Juidah

Abstract


Kualitas manusia dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti dilihat dari tingkah laku, cara berpikir, dan tentu saja dilihat dari apa yang dia ucapkan. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) realitas kemampuan public speaking mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; 2) tingkat kesulitan mahasiswa dalam melakukan public speaking; 3) masalah yang dihadapi mahasiswa dalam melakukan public speaking; dan 4) solusi yang seharusnya dilakukan oleh seluruh civitas academica dalam masa Pandemi Covid 19 untuk meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. 1) Realitas kemampuan public speaking mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia masih sangat rendah. Rerata mahasiswa yang aktif 24,60% dan tidak aktif 75,40%. 2) Tingkat kesulitan mahasiswa PBSI dalam melakukan public speaking terletak pada sikap-sikap berikut. (a) Memiliki sikap cuek di kelas, tidak peduli terhadap apa yang sedang didiskusikan sebesar 66,25%. (b) Tidak mau mengungkap pendapat atau pertanyaan sebesar 62,50%. (c) Mempunyai pengalaman buruk dalam public speaking sebesar 67,50%. (d) Lingkungan yang tidak kondusif sebesar 62,50%. (e) Kurangnya minat membaca sebesar 67,50%. (f) Kurangnya rasa ingin tahu sebesar 68,75%. (g) Monopoli yang bertanya di kelas sebesar 66,25%. 3) Masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa PBSI dalam melakukan public speaking yaitu: (a) mental yang lemah sebesar 62,50%; (b) tidak percaya diri sebesar 72,50%; (c) kurang membaca sebesar 70%; kurang pengetahuan sebesar 65%; dan (d) takut salah sebesar 72,50%. 4) Solusi dalam meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa PBSI adalah sebagai berikut. (a) Tersedianya wadah yang spesifik bagi mahasiswa yang takut berbicara di depan umum. (b) Adanya training atau pelatihan tentang public speaking. (c) Perbanyak latihan berbicara di depan umum dengan menghafal teks. (d) Mempersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan public speaking, terutama mental. (e) Perbanyak frekuensi latihan dalam melakukan kegiatan public speaking.

Keywords


Berbicara, Retorika, Public Speaking, dan Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Albana. 2010. Cara Melatih Artikulasi. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2020, dari wordpress.

https://curatcoretalbana.wordpress.com/tag/public-speaking

Andrew, M. 2007. Mengembangkan Kepribadian dengan Berpikir Positif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Carnegie, Dale. 2000. Cara Cepat dan Mudah Berbicara Efektif. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Citra, D. 2009. Uniknya Ilmu Komunikasi. Diakses pada tanggal 23 September 2020, dari kompasiana.

http://m.kompasiana.com/post/read/541493/2/uniknya-ilmu-komunikasi-ketika-kuliah-adalah-tentang-berbicara.html/

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Elly dan Pranama, J. 2006. General Public Speaking. Jakarta: Public Speaking School.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Leal C.B, Graeff, F.G & Del-Ben C,M. 2014. Experimental Public Speaking: Contributions to Understanding of The Serotonergic Modulation of Fear Neuroscience and Biobehavioral.

McCroskey, J.C. 2013. Personal Report of Public Speaking Anxiety (PRPSA). Measurement Instrument Database for the Social Science.

Mujanto, A. M. 2014. Mengatasi Rasa Takut dan Tidak Percaya Diri dalam Public Speaking. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2020, dari www.bppk.depkeu.go.id.

http://www.bppk.depkeu.go.id/publikasi/artikel/168-artikel-pengembangan-sdm/19844-mengatasi-rasa-takut-dan-tidak-percaya-diri-dalam-public-speaking

Rahmat, Jalaluddin. 2011. Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sameto, H. 2006. Kiat Sukses Mengolah Komunikasi. Jakarta: Puspa Sawara.

Sandra, A. 2010. Makalah Public Speaking. Diakses pada tanggal 20 September 2020, dari student.ipb.ac.id.

http://agusa08.student.ipb.ac.id/2010/06/20/makalah-public-speaking/

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Surakarta: Pusat Pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara. Bandung: Angkasa.

Widiawan, K. 2010. Public speaking training: Teknik public speaking. Diakses pada tanggal 3 Oktober 2020, dari ummahattokyo.tripod.com.

http://ummahattokyo.tripod.com/kepribadian/teknik_public_speaking.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.6198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.