ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI KEARIFAN LOKAL CERITA RAKYAT BALONG KERAMAT TUK DI KABUPATEN CIREBON SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BUKU PENGAYAAN

Rosi Gasanti, Cynthia Ratna Nugraha

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur teks dan nilai kearifan lokal cerita rakyat Balong Keramat Tuk yang berada di Kabupaten Cirebon. Dari data yang diperoleh, penelitian ini mendeskripsikan tema, tokoh/penokohan, alur, latar cerita serta nilai kearifan lokal yang tercermin dalam cerita rakyat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil deskripsi memunculkan tokoh-tokoh yang patut dijadikan panutan oleh manusia terutama  kaum muda pada zaman sekarang.. Hasil kajian struktur menunjukkan fakta cerita dengan tema kepedulian Raja terhadap rakyatnya. Sedangkan tokoh/penokohan dalam cerita rakyat tersebut mencerminkan budi luhur dan patut dijadikan teladan. Adapun yang menjadi latar dalam cerita tersebut mencakup latar tempat, waktu, dan suasana. Jenis alur yang digunakan dalam cerita rakyat tersebut adalah alur maju di mana setiap peristiwa berjalan teratur dan berurutan sesuai dengan urutan waktu kejadian dari awal sampai akhir. Nilai kearifan lokal yang terkandung dalam cerita rakyat Balong Keramat Tuk di antaranya kedamaian dan kesejahteraan.  Hasil analisis dari penelitian ini akan disusun sebagai buku pengayaan di SMA. Hal ini bertujuan supaya peserta didik akan lebih mudah memahami dan mengambil nilai-nilai dari cerita rakyat tersebut. Kata Kunci: buku pengayaan; struktur cerita rakyat; nilai kearifan lokal. 

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.