PEMAKAIAN RAGAM RESMI DALAM TINDAK TUTUR TAUSIAH USTAZ ADI HIDAYAT, LC. MA PERIODE JULI 2018

Mohammad Khikam Zahidi, Alfi Khoiru An Nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemakaian ragam resmi dalam tindak tutur tausiah Ustaz Adi Hidayat periode Juli 2018. Tujuan khusus penelitian berupa mendeskripsikan fungsi ragam resmi pada tindak tutur Ustaz Adi Hidayat. Teori ragam resmi yang dijadikan pegangan dalam penelitian ini yaitu teori Searle. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sumber data penelitian adalah tausiah Ustaz Adi Hidayat. Data dalam penelitian ini berupa ragam resmi dalam tidak tutur antara Ustaz dan Jamaah. Analisis data menggunakan model allir dengan tiga tahapan kegiatan yakni pengumpulan data, menyeleksi data, penjelasan data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan fungsi ragam resmi dan tindak tutur berupa: (1) ciri linguistik, (2) fungsi pemakaian ragam resmi, (3) bentuk tindak tutur, dan (4) setrategi tindak tutur.

Keywords


ragam resmi, tindak tutur, strategi tindak tutur, tausiah

Full Text:

PDF

References


Agustia, Fivin. 2012. Analisis Tindak Tutur Dalam Kumpulan Cerpen 5-Minute Barnyard Tales for Bedtime, Karya Maria Buckingham, dkk.

Asih, T. W. 2012. Kajian Bentuk Tindak Tutur Ilokusi Sales Promotion Girls (Spg) dan Calon Pembeli di Moro Swalayan Purwokerto. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka.

Fitriah, F., & Fitriani, S. S. (2017). Analisis Tindak Tutur Dalam Novel Marwah Di Ujung Bara Karya R.H. Master Bahasa, 51−62.

Hasanah, N. (2020). Variasi Keformalan Bahasa Model Martin Joos Pada Grup Whatsapp ‘Ipi Garut’. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 9(2), 72-83.

Huberman, a michael, & Milles, matthew b. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Martinich, A.P. 2001. The Philosophy of Language. Fourth Edition. New York: Oxford University Press

Nadar, FX. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ninio, A. dan Snow, C. E. 1996. Pragmatic Development. Colorado: Westview Press, Inc.

Noveria, E. (2012). Ragam Fungsiolek Bahasa Penyiar Radio SIPP FM. Komposisi, 10.

Pramuniati, I., & Eviyanti, E. (2012). Strategi Tindak Tutur Dan Kepekaanpragmatik Melarang Pada Penutur Bahasa Aceh Dialek. medan: UNIVERSITAS NEGERl MEDAN.

Sutikno. (2017). Peranan Bahasa Beserta Fungsi Ragam Bahasa. Kultura, Vol. 18 No. 1.

Tiani, Riris. "Kajian Perilaku Pragmatis terhadap Tindak Tutur Santri Terhadap Kyai di Pondok Pesantren di Wilayah Kota Semarang." HUMANIKA 23.2 (2016): 32-39.

Wulandari, R. (2016). Linguistik Sistemik Fungsional dan Pengkajian Variasi Bahasa dalam Terjemah Al-Qur'an dan Hadist. Jurnal Varidika, 400-406.

Yoga, Evita Sholeha Pra, Nurlaksana Eko Rusminto, dan Iqbal Hilal. Tindak Perlokusi dalam Percakapan Antarsiswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) 5.2, Sep (2017).

Yule, Geoge. 1996. Pragmatik. Diterjemahkan oleh Indah Fajar Wahyudi (Dosen UAD) dan Rombe Mustajab. 2006. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.