PERSPEKTIF MAHASISWA TERHADAP LITERASI DIGITAL DI APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Muhammad Wahyu Nugroho

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perspektif mahasiswa mengenai literasi digital pada apalikasi Instagram yang berfungsi sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik survey. Populasi dalam penelitian ini adalah hasil pengisian kuisioner yang disebarkan melalui google formulir. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner melalui media google formulir kepada responden. Dari hasil data tersebut, dilakukan analisis kepada setiap jawaban yang merepresentasikan perspektif mahasiswa terhadap literasi digital sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia pada aplikasi Instagram. Hasil dari peneletian menunjukkan bahwa perspektif mahasiswa menunjukkan hasil yang positif terhadap literasi digital di aplikasi Instagram sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65,5% responden merasa aplikasi Instagram efektif hingga sangat efektif sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Mahasiswa juga sudah mampu membedakan berbagai macam fitur di aplikasi Instagram yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan penelitian ini, diharapkan mahasiswa bisa menjadi lebih literat dalam penggunaan media digital sebagai media pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia.

Keywords


mahasiswa, literasi digital, Instagram, media pembelajaran, bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2018) “Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia,” Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, 431, hal. 431–440.

Anggeraini, Y. et al. (2019) “Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa,” Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, hal. 386–389. Tersedia pada: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/313/342/

Annur, C. M. (2021) Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia, Mayoritas Usia Berapa?, Databooks.

Hargita, B. S. (2019) “Instagram Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Blended Learning: Kajian Pendahuluan,” Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), hal. 213–218.

Harjono, H. S. (2019) “Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa,” Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), hal. 1–7. doi: 10.22437/pena.v8i1.6706.

Kriyantono, R. (2007) Teknik Praktik Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Mansyur, U. (2016) “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses,” Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), hal. 158–163. doi: 10.26858/retorika.v9i2.3806.

Nasrullah, R. et al. (2017) “Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional,” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hal. 33. Tersedia pada: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf.

Riyanto, G. P. (2021) Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta, Kompas.

Tarigan, H. G. (2015a) Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tarigan, H. G. (2015b) Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tarigan, H. G. (2015c) Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Tarigan, H. G. (2018) Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Babdung: CV Angkasa.

Tika, M. P. (1997) Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.