NILAI SOSIAL DAN BUDAYA DALAM NOVEL LENGKING BURUNG KASUARI KARYA NUNUK Y. KUSMIANA

Imas Juidah, Neni Isnaeni, Embang Logita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai sosial dalam novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana (2) nilai budaya dalam novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana. Penelitian ini merupakan penelitian dekripstif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, dan kutipan yang terdapat pada novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana. Sedangkan, sumber data dalam penelitian ini adalah novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama terdiri dari 224 halaman.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai sosial dan budaya pada novel Lengking Burung Kasuari karya Nunuk Y. Kusmiana. (1) Nilai sosial dilihat dari norma keagamaan, norma kesusilaan, dan norma kesopanan. (2) Sedangkan, nilai budayanya adalah kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Keywords


sosiologi sastra, nilai sosial dan budaya, novel Lengking Burung Kasuari

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.

Chintyandini, M., & Saraswati, E. (2021). ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM CERPEN PEREMPUAN YANG BERENANG SAAT BAH KARYA ISBEDY STIAWAN ZS. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(2), 355-374.

Herlina, Eli. 2017. “Unsur Nilai Sosial-Budaya dalam Novel Surga Sungsang Karya Triyanto Triwikromo sebagai Bahan Pembelajaran di SMA dan Model Pembelajarannya”. Dalam jurnal Bahtera Indonesia, Vol. 1 Nomor 2 Tahun 2017, hlm. 8-14.

Semi, M. Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.