PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE PERMAINAN BAHASA DI PAUD FAR’UL FALAHIYYAH KABUPATEN TANGERANG

Silvia Utami, Aprilda Chairun Nisa

Abstract


Penelitian ini memakai metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan 5 metode permainan bahasa: (1) simak-ulang ucap; (2) simak-terka; (3) bisik berantai; (4) nyanyi-terka; (5) bercerita dengan alat peraga tak langsung. Penelitian ini dilakukan karena memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa efektif 5 metode tersebut dalam perkembangan bahasa anak di PAUD Far'ul Falahiyyah Kabupaten Tangerang. Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus, siklus I dan siklus II. Didapatkan hasil bahwa sebanyak 66,67% anak mengalami perkembangan bahasa pada siklus I, dan sebanyak 88% anak mengalami perkembangan bahasa pada siklus II. Maka, diambil kesimpulan bahwa 5 metode permainan bahasa ini mampu mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Far'ul Falahiyyah Kabupaten Tangerang.

Keywords


perkembangan bahasa, perkembangan bahasa anak, permainan bahasa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Buku

Djamil, M.N. 2013. Anak Bukan untuk Dihukum. Jakarta. Sinar Grafika.

Elizabeth, B.H. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Sudjawo. Edisi ke-5. Jakarta. Erlangga.

Marliani, R. 2016. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja Pengantar Dr. Agus Abdul Rahman, M. Psi. Bandung. CV Pustaka Setia.

Robingatin, Ulfah, Z. 2019. Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Yogyakarta. Arruz Media.

Sudaryanto. 1990. Aneka Konsep Kedataan Lingual dalam Linguistik. Yogyakarta. Duta Wacana University Press.

B. Artikel Jurnal

Dewi, Y.A.S. 2019. Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Membaca pada Permainan Kartu Kata. Jurnal Seling. 5 (2): 214.

Indriastuti, F. 2017. Kontribusi Pemanfaatan Media Audio Aksi Terhadap Pengembangan Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Kwangsan. 5 (1): 52-54.

Karmila, M., Suharno, A., Purwadi, P. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran Permainan Bahasa Peningkatan Kreativitas Anak. Jurnal PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1): 4.

Lestari, P., Hermawati, D.S. 2016. Pengembangan Berbahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Huruf di TK PSM 2 Kawedangan Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal CARE. 03 (2): 39-40.

Putri, Ni.Pt.L.E., Suadnyana, I.Ngh., Ganing Ganing, Ni.Nym. 2014. Penerapan Metode Beracak-Acak Berbatuan Media Grafis untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak TK Maha Widya I. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1): 6-9.

Tika, D.D. 2021. Permainan Bahasa untuk Stimulasi Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Tematik. 7 (1): 4-5.

Zubaidah, E. 2004. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Th XXIII (3): 464-469.

C. Prosiding/Seminar Konferensi

D. Tesis atau Disertasi

Ermita, N. 2018. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Bahasa pada Anak Usia Dini di TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan, Lampung.

Islamiati, A. 2020. Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita di TK Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Metro, Lampung.

Isnaini, Y. 2014. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Bisik Berantai pada Anak Kelompok B di TK Bakti 1 Gagaksipat Boyolali Tahun 2013/2014. Naskah Publikasi Syarat S1. FKID Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Putri, S.M. 2015. Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Melalui Media Kartu Kata pada Anak Didik Kelompok B PAUD Pelangi Desa Kasreman Kecamatan Pakel Tulungagung. Artikel Penelitian Syarat S1. FKID Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri.

E. Sumber Rujukan dari Website

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_146_14.pdf. Diakses pada 8 Desember 2021.

Inda Puspita Sari. Pentingnya Pemahaman Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). http://repository.unib.ac.id/11129/1/24-Inda%20Puspita%20Sari.pdf. Diakses pada tanggal 15 Desember 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.