Nilai Moral dalam Naskah Drama "Sang Mandor" Karya Rahman Arge

Widi Sukmawati Trisnatul Rohma, Hidayah Budi Qur'ani

Abstract


Nilai moral dalam cerpen merupakan sejumlah pesan yang disiratkan pengarang dalam  karya sastranya agar diresapi dan diteladani oleh pembaca. Pengarang memanfaatkan berbagai karya sastra sebagai media penanaman nilai moral pada pembacanya. Karya sastra berupa naskah drama “Sang Mandor” karya Rahman Arge ini sarat akan berbagai nilai moral di dalamnya dengan menceritakan kisah pilu sebuah keluarga yang angkuh dan gila harta. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk nilai moral yang terkandung dalam naskah drama “Sang Mandor” karya Rahman Arge. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat. Analisis data menggunakan teknik analisis isi dalam karya sastra. Hasil penelitian ditemukan adanya bentuk-bentuk nilai moral yang baik dan buruk dalam naskah drama “Sang Mandor” yang dibagi ke dalam tiga kriteria berikut, 1) Perwujudan nilai-nilai moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri, meliputi a) sifat angkuh (2) Perwujudan nilai-nilai moral dalam hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial, meliputi a) peduli terhadap suami, b) sabar, c) tidak menghargai istri, d) tidak setia terhadap istri, e) tidak menjaga amanah orang tua, dan f) perkelahian, (3) Perwujudan nilai-nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhan terlihat dari a) bentuk perilaku menyadari adanya Tuhan.

Keywords


Naskah drama, Nilai moral, Sosiologi sastra

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31.

Arifin, J. Z. (2013). Kritik Sosial dalam Naskah Drama Jangan Menangis Indonesia Karya Putu Wijaya. Bahtera Sastra: Antologi Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 1-8.

Damono, S. D. (1979). Sosiologi Sastra: Sebuah Pengantar Singkat. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Devi, A. A. K., Solihat, I., & Wahid, F. I. (2020). Nilai Moral dalam Naskah Drama Sayang Ada Orang Lain Karya Utuy Tatang Sontani (Kajian Sosiologi Sastra). Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 83-92.

Endraswara, S. (2013). Folklor Nusantara. Yogyakarta: Ombak.

Harymawan, R. M. A. (1993). Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Hasanuddin, W. S. (2015). Drama Karya Dalam Dua Dimensi. Bandung: CV. Angkasa.

Hayuni, R. R., & Flurentin, E. (2016). Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Nilai Peduli Sosial Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 118-125.

Jatayu, E. P. (2014). Nilai Moral dalam Naskah Drama Maaf. Maaf. Maaf. Politik Cinta Dasamuka Karya N. Riantiarno. (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Lickona, T. (2013). Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Meidiyanto, R. (2015). Tinjauan Kriminologis Mengenai Perkelahian Antar Kelompok Dikalangan Remaja Di Kota Palu (Doctoral dissertation, Tadulako University).

Munir, M. (2019). Konsep Sabar Menurut Al-Ghazali dalam Kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din. Jurnal Ilmiah Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam dan Tasawuf, 5(2), 113-133.

Nawawi, A. (2011). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 119-133.

Nisa, C. A. D. K., & Qur’ani, H. B. (2020). Aspek Moral dalam Naskah Drama Lakon Jeng Menul Karya Puthut Buchori. Mahakarya: Jurnal Mahasiswa Ilmu Budaya, 1(2).

Nugroho, A. (2018). Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 216-230. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.153

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Qur’ani, H. B., & Andalas, E. F. (2019). Nilai-nilai Moral Cerita Rakyat di Banten. Basastra, 8(3): 238-252.

Ratna, N. K. (2011). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswanto, W. (2008). Pengantar teori sastra. Jakarta: Grasindo.

Wellek, R. & Warren, A. (1993). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Wijaya, P. (2007). Teater, Buku Pelajaran Kesenian Nusantara. Jakarta: LPSN.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.