PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA

Raden Hendaryan, Taufik Hidayat, Shely Herliani

Abstract


Teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Menghadapi era ini diperlukan literasi baru yang memanfaatkan digital untuk meningkatkan kemampuan literasi. Dengan memiliki literasi digital diharapkan siswa dapat lebih  kritis, dan kreatif dalam memilih informasi. Pada dunia pendidikan, literasi digital berperan sebagai pengembang materi pelajaran yang mendorong rasa ingin tahu dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan literasi baca-tulis dan literasi digital di SMP Negeri 1 Lakbok dan perbandingan efektivitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian deskriptif ini digunakan untuk memaparkan hasil secara sistematis mengenai kegiatan literasi yang saat ini digunakan di SMP Negeri 1 Lakbok. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dalam pelaksanaan kegiatan literasi. Objek yang ditelitinya yaitu di SMP Negeri 1 Lakbok. Teknik pengumpulan data yang mendukung dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka, wawancara, observasi, dokumenter. Pelaksanaan kegiatan literasi digital  dilaksanakan pada hari Jumat sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan tersebut melewati tiga tahap pelaksanaan antara lain: pembiasaan; pengembangan; dan pembelajaran. Adapun yang membedakan dari kegiatan literasi digital dengan literasi baca tulis yaitu sumber bacaan yang digunakan.

Keywords


Literasi siswa, literasi digital

Full Text:

PDF

References


K. Kbbi, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),” Kementeri. Pendidik. Dan Budaya, 2016.

C. Hague and S. Payton, “Digital literacy across the curriculum. FutureLab.” United Kingdom, 2010.

P. Gilster, Digital literacy. John Wiley & Sons, Inc., 1997.

D. Bawden, “Origins and concepts of digital literacy,” Digit. literacies Concepts, policies Pract., vol. 30, no. 2008, pp. 17–32, 2008.

D. A. J. Belshaw, “What is’ digital literacy’?: a pragmatic investigation.” Durham University, 2012.

S. Kajin, “Pengaruh pembelajaran berbasis literasi digital terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto,” PROGRESSA J. Islam. Relig. Instr., vol. 2, no. 1, pp. 133–142, 2018.

M. B. Miles and A. M. Huberman, Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage, 1994.

P. Kottler and K. L. Keller, “Marketing Management 14-Edition.” Prentice-Hall, New Jersey, 2012.

P. Gibbons, Learning to learn in a second language. Heinemann Portsmouth, NH, 1991.

A. Yunus, T. Mulyati, and H. Yunansah, “Pembelajaran Literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis,” Jakarta Bumi Aksara, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.