PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK TEKS PUISI KELAS VIII SMPN KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI TA 2021/2022

Melysa Sapriani Putri, Andiopenta Purba, Rasdawita Rasdawita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) penerapan asesmen autentik pada pembelajaran teks puisi kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi; dan 2) hambatan yang ditemui guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam menerapkan asesmen autentik pada pembelajaran teks puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari guru bahasa Indonesia berupa wawancara, RPP, dan bentuk penilaian. Sumber data penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terkait asesmen autentik bahwa guru telah melaksanakan tiga proses dalam penilaian; yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan tiga aspek, meliputi; aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada teks puisi. Penilaian pada aspek sikap menggunakan bentuk observasi (jurnal), tes tertulis dan penugasan untuk menilai aspek pengetahuan, produk berupa karya siswa dan kinerja/praktik untuk menilai aspek keterampilan. Hambatan yang ditemui dalam penerapan asesmen autentik ialah pemahaman guru yang masih kurang tentang penilaian autentik, tidak terlaksananya secara utuh pada penilaian aspek sikap, dukungan orang tua yang kurang, dan keterbatasan waktu dalam penerapan penilaian autentik khususnya pada aspek keterampilan.

Keywords


Penerapan, Asesmen Autentik, Teks Puisi

Full Text:

PDF

References


Rahmat, H & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: LPPPI

Pangesti, Cita RN & Sufanti, M. (2020). Asesmen Pembelajaran Daring Teks Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 10 (2): 72-88.

Ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara

Amelia, Shinta, dkk. 2020. Sistematika Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Daring Dirumah Lewat Televisi Saat Terjadinya Covid-19. Jurnal Wahana Didaktika. 18 (2): 120-131.

Hascan. 2021. Implementasi Asesmen Autentik pada Pendidikan Tingkat Dasar, Menengah dan Tinggi di Indonesia. Jurnal Edukasi Nonformal. 2 (1): 231-240.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.66 tentang Standar penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, A. 2017. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Direktorat Pembinaan SMP. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidikan dan Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong, M.A. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.