PERILAKU LITERASI INFORMASI PADA ANAK DI MEDIA SOSIAL

Intan Ayuni, Yunus Winoto, Ute Lies Khadijah

Abstract


Media sosial menjadi salah satu sumber informasi yang paling digandrungi masyarakat. Berbagai kalangan usia menggunakan media sosial dengan alasan informasi yang disajikan menarik, mudah dijangkau dan sederhana. Anak-anak sebagai pengguna informasi yang berusia sangat muda turut menggunakan media sosial sebagai sumber informasi mereka. Tulisan ini mencoba membahas bagaimana proses literasi informasi yang dilakukan anak-anak menggunakan media sosial. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dan kepustakaan. Informan pada penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar dan guru Sekolah Dasar. Informasi dari siswa Sekolah Dasar merupakan informasi yang berasal dari sudut pandang pelaku literasi pada pembahasan ini. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa anak-anak melakukan proses literasi informasi secara sederhana. di setiap komponen literasi seperti akses, evaluasi, dan penggunaan, anak-anak melakukannya secara sederhana sesuai dengan kemampuan dan didasari oleh ketertarikan mereka. Hal ini dikarenakan anak-anak memiliki kriteria sumber informasi yang sederhana (simple), mudah dan menarik. Anak-anak pun lebih memahami informasi yang diberikan secara berulang. Informasi yang ada di media sosial sangat cocok dengan kriteria-kriteria tersebut.

Keywords


Anak; Literasi Informasi; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Ariqo, W. (2021). Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Media Sosial Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Kelompok Milenials. 3, 11–27. https://doi.org/10.24036/ib.v3i1.277

L Herlistyani, Y Winoto, AS Rohman. (2012). Pengaruh Kualitas Jasa Layanan Informasi Telkom terhadap Loyalitas Pelanggan Telkom Speedy pada PT. Telekomunikasi Indonesia TBK, Student e-Journal, 1(1) 2012.

Mugroho, M. W. (2022). PERSPEKTIF MAHASISWA TERHADAP LITERASI DIGITAL DI APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(April 2022), 26–35. jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/6775/4826#

Septiyantono, T. (2014). Konsep Dasar Literasi Informasi. 1–77. http://repository.ut.ac.id/4198/2/PUST4314-TM.pdf

Sukaesih, & Rohman, A. S. (2013). Literasi Informasi Pustakawan : Studi Kasus di Universitas Padjadjaran. 1(1), 61–72. http://journal.unpad.ac.id/jkip/article/view/9612

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. KENCANA.

Y, Winoto (2019). Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa (Pusdes) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Jurnal Edulib, 9(10) hal 79-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.