MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 5 KOTA JAMBI

Ika Aprianti, Warni Warni, Rustam Rustam

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan media karikatur pada siswa kelas XI Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Penggunaan media karikatur menjadi media yang membantu pengajar pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur. Penelitian ini terbagi menjadi dua siklus. Penelitian ini mengukur keberhasilan siswa dalam menulis teks prosedur serta keberhasilan guru pada proses pembelajaran. Aspek- aspek yang ditekankan antara lain isi, organisasi, kosa kata dan diksi, kebahasaan, penulisan, dan kerapian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan alat pendukung lainnya. Analisis dilakukan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Keberhasilan siswa harus memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya peningkatan pada hasil nilai siswa dalam menulis teks prosedur menggunakan media karikatur siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 5 Kota Jambi Tahun ajaran 2021/2022. Dilihat dari hasil nilai mulai dari pratindakan sampai siklus II. Rata-rata siswa meningkat dari 69,48 ke 77,73 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,6. Jadi dari hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media karikatur dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 5 Kota Jambi.Kata Kunci: Kemampuan, meningkatkan, menulis, teks prosedur

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.