PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BAURAN (BLENDED LEARNING) DALAM MENCERITAKAN KEMBALI (RETELLING) TEKS CERITA RAKYAT BERBASIS WEB TOOL DI SEKOLAH VICTORY PLUS BEKASI

Evi Yesifina Dumarista, Tri Saptarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran bauran/jarak jauh (blended learning) dalam menceritakan kembali (retelling) cerita rakyat, seperti cerita “Malin Kundang” (Sumatra Barat), cerita “Bawang Merah dan Bawang Putih” (Sumatra Barat), dan cerita “Keong Mas” (Jawa Timur). Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang siswa yang berasal dari Korea, satu orang berkewarganegaraan campuran Jepang-Indonesia, dan tiga siswa lainnya berasal dari India.Pembelajaran bauran (blended learning), pendekatan komunikatif, dan metode langsung (direct method) dapat diterapkan pada kondisi tatap muka atau daring pada siswa BIPA di Sekolah Victory Plus Bekasi. Ketiga konsep tersebut diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan peneliti dalam kegiatan pembelajaran. Di samping itu, peneliti menyediakan jurnal kegiatan kepada siswa agar dapat memahami unsur intrinsik dan menceritakan kembali (retelling) cerita rakyat ke dalam bentuk versi digital yang dapat menampilkan gambar, tulisan, dan suara siswa. Peneliti menggunakan penelitian subjek tunggal (single subject research) untuk dapat mengidentifikasi dan menganalisis pemahaman siswa BIPA dalam menceritakan kembali (retelling) teks cerita rakyat. Hasil data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa skor terendah pada fase baseline (A1) ini adalah 9 dan tertinggi 14. Sedangkan perolehan skor terendah pada fase intervensi (B) ini adalah 19 dan tertinggi 24 serta pada fase baseline (A2) nilai terendah dan tertinggi adalah 21 dan 26. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa model pembelajaran bauran (blended learning) cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman, kreativitas, dan efektivitas siswa dalam menceritakan kembali (retelling) cerita.Kata kunci: StoryJumper, Blended Learning, BIPA

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Brown Douglas, H. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Danandjaja, James. (2002). Folklor Indonesia: Ilmu, gossip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Djiwandono M. Soenardi. (1996). Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.

Karim Wirawan, Abdul. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Metode Immersion Terintegradi Budaya Indonesia. Jurnal Sasindo, Vol. 2 No. 1 Januari 2014 hlm 15-35.Diakses dari https://docplayer.info/112951134-Pembelajaran-bahasa-indonesia-bagi-penutur-asing-bipa-dengan-metode-immersion-terintegrasi-budaya-indonesia.htmlpada tanggal 17 November 2021.

Kurniawan, Khaerudin. (2012). Belajar dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: CV Bangkit Citra Persada.

Nasution, dkk. (2019). Buku Model Blended Learning. Pekanbaru: Unilak Press.

Nurgiyantoro, Burhanuddin. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: PT BPFE.

Sari Wahyu, dkk. (2019). Penerapan Lembar Kerja Siswa terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar pada Siswa Kelas II SDN 7 Kebebu. Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1 Juni 2019. Diakses dari http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/158pada tanggal 19 November 2021.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Subjek Tunggal. Japan. University of Tsukuba.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit ANGKASA.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

REFERENSI DARING (ONLINE)

Artyana, E.R., 2014, September. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas XII Di Australia. In Jurnal pada Asile 2014 Conference. Denpasar-Bali.

Kemendikbud. 2021. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 TAHUN 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 TAHUN 2021 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) diunduh pada tanggal 10 Juni 2022.

Citraningtyas, Clara Evi. (2004). Breaking a Curse Silence: Malin Kundang andTransactional Approaches to Reading in Indonesian Classrooms – an empirical study. Ph.D. thesis. Macquarie University.

-------------------------------. (2012). ”Cintarella, Merekonstruksi Cinderella”. Makalah disajikan dalam Persidangan Kebangsaan Libatsama Universiti dan Komuniti: Hala Tuju Baharu Dalam Ilmu Kemanusiaan, Universiti Sains Malaysia, Pulau Pinang. November 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.