PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA ANAK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KRAMAT III KECAMATAN KEJAKSAN KOTA CIREBON

Cicih Widianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model kooperatif tipe STAD dan kemampuan mengapresiasi cerita anak pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kramat III Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Permasalahan yang dibahas adalah: (1) proses pembelajaran mengapresiasi cerita anak dengan menggunakan model STAD; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran mengapresiasi cerita anak menggunakan model STAD; dan (3) pengaruh penggunaan model STAD terhadap kemampuan siswa kelas V SD Negeri Kramat III Kota Cirebon dalam mengapresiasi cerita anak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-kompleks SD Kramat Kota Cirebon, sedangkan sampel ditentukan dengan menggunakan sampel purposif, memilih siswa kelas V SD Negeri Kramat III yang berjumlah 32 orang sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan meliputi data aktivitas siswa dan data kemampuan siswa dalam mengapresiasi cerita anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran mengapresiasi cerita anak dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD mampu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran; (2) terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran mengapresiasi cerita anak, dan (3) terdapat pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan siswa dalam mengapresiasi cerita anak. 

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v1i1.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.