PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KEGIATAN MENDONGENG PADA ANAK USIA DINI

Fitriati Nurhanifah, Lia Kurniawaty

Abstract


ABSTRAK : Usia dini merupakan masa yang tepat memberikan stimulus pengenalann membaca permulaan. Membaca permulaan pada masa ini disesuaikan dengan karakteristik anak usia dini dan masa perkembangan yang sedang dihadapinya. Kegiatan mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan dirancang sesuai tahapan perkembangannya.  Kegiatan mendongeng merupakan cara yang tepat untuk mengenalkan membaca permulaan yang menyenangkan dan penuh imajinasi. Penelitian dilakukan berdasarkan observasi awal di salah satu PAUD wilayah Kota Bekasi. Observasi awal tersebut menunjukkan bahwa dari 10 anak terdapat 5 orang anak masih dalam kemampuan belum berkembang, 3 orang anak berkembang sesuai harapan dan 1 orang berkembang sangat baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan membaca permulaan yang dilakukan melalui kegiatan mendongeng pada anak usia dini dan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui mendongeng. Manfaat penelitian adalah untuk memberikan gambaran bahwa peningkatan membaca permulaan dapat dilakukan orangtua dan guru melalui mendongeng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan dengan model Tindakan Kemmis dan Taggar. Tahapan penelitian melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses tindakan dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Ketercapaian keberhasilan tindakan membaca permulaan dicapai pada siklus 2 dengan berkembang sangat baik sebanyak 80%. Kesimpulan penelitian adalah kegiatan mendongeng dapat meningkatkan membaca permulaan anak usia dini. Penelitian tentang membaca permulaan dapat dilakukan dengan metode lainnya seperti bermain peran, pengenalan simbol, penggunaan media pembelajaran.  Kata Kunci : Membaca permulaan, mendongeng, anak usia dini. 

Keywords


Membaca permulaan, mendongeng, anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Andalusia N Permatasari, dkk., 2017. Literasi Dini Dengan Teknik Bercerita. Jurnal FamilyEdu.

Anggi Kusumawati, Dwi dkk., 2022. Penggunaan Metode Mendongeng untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 6234-6240. Research & Learning in Elementary Education.

Christian Malau, Doli dkk., 2019. Penerapan Metode Dongeng dan Cerita Serial Fabel Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Sasindo Unpam 2019.

Choirina, Vera. 2020. Hubungan Kebiasaan Orang Tua Mendongeng Dengan Buku dan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 9 (1), 2020, 63-69.

Jacob, Petrus dkk., 2022. Penggunaan Metode Mendongeng Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 3 Tahun 2022.

Nisak Aulina, Choirun. 2012. Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA Vol. 1, No. 2, Juni 2012: 131-143.

Nuraini, Erika. dkk., 2022. Pengembangan Wayang Huruf Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan. PERNIK : Jurnal PAUDPAUD. Vol. 5 No. 2 April 2022.

Nur, Safira. dkk., Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Anak : PG-PAUD FKIP Universitas Lampung.

Sumaryanti, Lilis. 2018. Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. Al-Asasiyya : Jurnal Basic Of Education Vol. 03 No. 01.

Zainun Faiz, Alfin. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Mendongeng Variasi Media di KB PAUD. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 4, Nomor 1, April 2017, hal 1-81.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.8493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.