BENTUK KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA (Studi Deskriptif Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Galuh Ciamis)

Rina Agustini

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu karena masih banyak penutur dan lawan tutur yang belum menyadari untuk menjadi orang yang mampu berkomunikasi dengan memperhatikan kaidah kesantunan berbahasa. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Ingin mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa antar mahasiswa di lingkungan kampus 2) Ingin mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa mahasiswa dalam berinteraksi dengan dosen di lingkungan kampus Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Simpulan hasil penelitian sebagai berikut. 1) Bentuk kesantunan linguistis antar mahasiswa di lingkungan kampus dalam ragam resmi dan ragam pergaulan meliputi pilihan kata (diksi) yang tepat, intonasi, dan struktur kalimat yang menunjukan kesantunan berbahasa. Bentuk kesantunan pragmatis dalam ragam resmi ditandi dengan penggunaan majas perumpamaan sedangkan dalam ragam pergaulan ditandai dengan penggunaan majas metonimia 2) Bentuk kesantunan berbahasa mahasiswa ketika berinteraksi dengan dosen di lingkungan di lingkungan kampus meliputi pilihan kata (diksi) yang tepat, dan intonasi sedangkan struktur kalimat yang digunakan yakni struktur kalimat yang biasa, tidak memperlihatkan pemfokusan pada kata awal kelimat. Bentuk kesantunan pragmatis ditandai dengan penggunaan majas metafora. 

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.