LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN

Rizali Sofiyan

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Lokus studi diarahkan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamia (RSUD). Lokus dipertimbangkan karena rumah sakit memiliki ke khasan dalam lingkungan kerja dan kepuasan kerja meskipun masih domain pegawai negeri tapi harus berorientasi pada pencapaian kualitas dan standar mutu yang ditetapkan nasional. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengungkap bahwa  hubungan antar bawahan dengan pimpinan paling dominan mempengaruhi variabel lingkungan kerja.Jika lingkungan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Pada hasil indikator kepuasan watak/genetik dianalisis paling dominan mempengaruhi variabel kepuasan kerja.Jika kepuasan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Pada indikator memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi (empathy) paling dominan mempengaruhi variabel kualitas pelayanan. Jika lingkungan kerja dan kepuasan kerja ditingkatkan makakualitas pelayanan akan meningkat.

Keywords


lingkungan kerja, kepuasan kerja, kualitas pelayanan

Full Text:

PDF

References


As’ad, 1999,Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberti Yogyakarta.

Nawawi, Hadari. 2001. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press.

Parasuraman, dkk. 1985. Marketing Services: Competing Through Quality. New York: The Free Press.

Rangkuti, Freddy. 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Mnghadapi Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rivai, Veithzal (2009) . Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siagian, Sondang P. (1998) Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Singarimbun, Masri. 2000. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES

Sugiyono. 2008 Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: J&J Learning.

Undang-Undang Nomor 12 tahun 1985 yang diubah menjadi UU No. 12 tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v2i1.1119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________