PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN

Rizali Sofiyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan pada RSUD Kabupaten Ciamis. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Indikator hubungan antar bawahan dengan pimpinan sangat besar pengaruhnya terhadap variabel lingkungan kerja. Berdasarkan uji statistik bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Jika lingkungan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Dengan demikian maka hipotesis pertama teruji kebenarannya. indikatorpegawai merasa puas jika komponen watak/genetik dapat dianalisis sangat besar pengaruhnya terhadap variabel kepuasan kerja. Berdasarkan uji statistik bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Jika kepuasan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Dengan demikian maka hipotesis kedua teruji kebenarannya.indikator memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi (Empathy) besar pengaruhnya terhadap variabel kepuasan kerja. Berdasarkan uji statistik bahwa lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Jika lingkungan kerja dan kepuasan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Dengan demikian maka hipotesis ketiga teruji kebenarannya.

Full Text:

PDF

References


As’ad, 1999,Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberti Yogyakarta.

Mardiana.2005. Manajemen Produksi. PenerbitBadanPenerbit IPWI, Jakarta.

Moekijat, D. 1995. Kepemimpinan dan Motivasi. Ghalia, Jakarta.

Moenir, A. S. 1983. Pendekatan manusiawi dan organisasi terhadap pembinaan kepegawaian. Gunung Agung.

Nawawi, Hadari. 2001. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press.

Nitisemito, A. S. 2005. Manajemen personalia (manajemen sumber daya manusia), edisi kelima, cetakan keempat belas. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Parasuraman, dkk. 1985. Marketing Services: Competing Through Quality. New York: The Free Press.

Rangkuti, Freddy. 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Mnghadapi Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rivai, Veithzal (2009) . Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Roemer, M. I., Montoya-Aguilar, C., & World Health Organization. 1988. Quality assessment and assurance in primary health care.

Sugiyono. 2008 Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: J&J Learning.

______, Undang-Undang Nomor 12 tahun 1985 yang diubah menjadi UU No. 12 tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan

______, Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________