MENENTUKAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DENGAN MELIHAT BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA PADA PT. BERKAT KARUNIA SURYA

Indi Ramadhani, Tine Badriatin, Lucky Radi Rinandiyana

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengaruh budaya kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan (studi karyawan PT Berkat Karunia Surya). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana motivasi kerja mempengaruhi produktivitas kerja di PT Berkat Karunia Surya; 2) Pengaruh budaya kerja terhadap produktivitas kerja pada PT Berkat Karunia Surya; dan 3) Budaya kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada PT Berkat Karunia Surya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja pada PT Berkat Karunia Surya; 2) Pengaruh budaya kerja terhadap produktivitas kerja pada PT Berkat Karunia Surya; dan 3) Pengaruh budaya kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja pada PT Berkat Karunia Surya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif dan analisis verifikatif dengan teknik survei. Sedangkan analisis data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif, analisis verifikatif. Hasil survei ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil produktivitas kerja PT Berkat Karunia Surya berdasarkan motivasi kerja sudah baik. Hal ini berdampak positif terhadap motivasi kerja terhadap produktivitas karyawan PT Berkat Karunia Surya. Artinya jika pekerjaan Anda termotivasi, karyawan Anda akan lebih produktif. 2) Budaya kerja yang ditetapkan oleh PT Berkat Karunia Surya sudah baik. Hal ini didasarkan pada hasil tanggapan responden terhadap variabel lingkungan kerja. Akibatnya, produktivitas karyawan PT Berkat Karunia Surya dipengaruhi oleh budaya kerja. Artinya jika budaya kerja baik maka produktivitas karyawan akan meningkat; dan 3) Berdasarkan hasil uji korelasi diketahui bahwa budaya kerja dan motivasi kerja berhubungan dengan produktivitas karyawan PT Berkat Karunia Surya. Begitu juga dengan uji pasti yang dilakukan, hasil perhitungan menunjukkan bahwa budaya kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Kedua perhitungan tersebut didukung oleh hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-f, diketahui bahwa nilai f hitung > dari nilai pada tabel f. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dapat diterima atau diuji kebenarannya. Diharapkan PT Berkat Karunia Surya dapat: 1) meningkatkan produktivitas karyawan dengan memperbaiki hubungan mendasar yang telah diselesaikan; 2) produktivitas karyawan dapat ditingkatkan dengan beberapa bentuk hukuman yang diberikan manajemen kepada karyawan yang melakukan kesalahan; dan 3) meningkatkan produktivitas karyawan dengan meningkatkan semangat untuk menyelesaikan sesuatu

Keywords


Budaya Kerja, Motivasi Kerja, Produktivitas Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Jakarta : PT Remaja Karya.

As’ad Mohammad. 2009. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri, Edisi IV. Yogyakarta : Liberty.

Boxall, P.F.1992. Strategic Human Resource Management: Beginning of a New Theoretical Sophistication. Human Resource Management Journal.

Daft Richard. 2010. Era Baru Manajemen, Edisi 9, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

David McClelland. 1961. The Achieving Society. New york: D. Van.

Edi Riyadi. 2016. Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Kanisius.

Edward Murray. 1957. Better Business Communication. London. McGraw-Hill.

FatoniAbdurrahmat. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Goerge T. Milkovich dan John W. Boudreu. 1997. Human Resources Management 8th Edition. Chicago: Richard D Irwan.

Handari Nawawi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia.

Hasibuan Malayu SP. 2009. Manajemen Dasar dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tine Badriatin, Rudi Setiawan, Lucky Radi Rinandiyana. 2020. International Journal of Advances in Social and Economics (IJASE). The Insitute of Indonesian Education Studies Independent (IIES Independent). Vol.2, No. 2 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v5i3.6680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________