DAMPAK SARANA DAN PRASARANA TERHADAP MINAT PENGGUNA PADA KANTOR BEA CUKAI TASIKMALAYA

Ismail Hakim, Enas Enas, Ferey Herman

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berawal dari adanya masalah, dimana minat pengguna jasa layanan bea dan cukai masih belum optimal, bahkan dapat dikatakan masih minimal. Hal ini mengingat selain tidak semua orang memerlukan jasa layanan tersebut, juga sarana dan prasarana yang masih belum memadai sehingga membuat masyarakat enggan untuk menggunakan jasa pelayanan kantor tersebut. Sarana dan prasarana pelayanan yang ada di Kantor Bea dan Cukai Tasikmalaya, masih belum optimal. Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sarana dan prasarana pelayanan pada Kantor Bea dan Cukai Tasikmalaya, minat pengguna jasa pada Kantor Bea dan Cukai Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa berdasarkan tanggapan responden terhadap sarana dan prasarana cenderung tinggi dan juga tanggapan responden terhadap minat pengguna jasa juga cenderung tinggi. Dengan demikian maka tanggapan kedua variabel tersebut cenderung tinggi. Sementara itu hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dampak sarana dan prasarana terhadap minat pengguna jasa termasuk kategori cukup kuat. Artinya sarana dan prasarana pelayanan memberikan dampak signifikan terhadap minat pengguna jasa. Jika sarana dan prasarana memadai, maka minat pengguna jasa akan meningkat.

Keywords


Sarana dan Prasarana, Minat Pengguana

Full Text:

PDF

References


Aula, F. H. (2020). Pengaruh tata ruang kantor dan sarana prasarana terhadap kinerja pegawai (the effect of office layout and infrastructure on employees’ performance). available online at: http://ejournal. upi.edu/ index. php /jpman perdoi: 10.17509/ jpm.v4i2.18008, 169

Bea dan Cukai. (2020). Arsip Data Bagian Bea dan Cukai Kota Tasikmalaya.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran (Edisi Kesebelas) . Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Liana, D. d. (2014). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia .

SKPJ. (2020). Survey Kepuasan Penngguna Jasa. Arsip Kantor Bea Cukai Kota Tasikmalaya.

Sugiono. (2017). Metode penelitian kualitantif dan kuantitatif. Bandung: alphabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v6i1.7542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________