PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN INDUSTRI KERAJINAN TIKAR MENDONG MEKAR PUTRA TASIKMALAYA

Maria Nurhayaty

Sari


Pemasaran memiliki peranan yang sangat penting untuk meraih pasar yang sebesar-besarnya. Kegiatan pemasaran merupakan ujung tombak dalam memperoleh pendapatan. Oleh karenanya, keberhasilan dalam mengolah biaya pemasaran mempunyai peranan yang penting bagi perusahaan untuk memantau, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengkoordinasikan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan.Perusahaan yang merencanakan dan melakukan pemasaran, akan menganggarkan baiya pemasaran yang merupakan informasi bagi manajemen untuk mengendalikan biaya serta mengarahkan strategi.Dari hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa perusahaan selalu meningkatkan baiaya pemasaran, hal ini ditunjukan dari tahun 2011-2015, dan dari tahun 2011 sampai 2015 pula perusahaan mencatat volume penjualan selalu meningkat. Berdasarkan hasil pernghitungan didapat nilai-nilai sebagai berikut: Koefisien korelasi (r) = 93%, Koefisien determinasi (KD) = 86%, Non determinasi (Non D) = 14%. Regresi linear (Y) = 10787676,29 + 0,72X, pengujian hipotesis (t) = 4,35. Dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima, artinya biaya pemasaran berpengaruh positif terhadap volume penjualan.

Kata Kunci


Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basu, Swasta, (1990), Marketing, Ghalia Indonesia, Bandung.

Basu, S wasta, (19 84), Azas Azas Marketing, Edisi Ketiga, Yogyakarta.

Joseph, P., Guiltman, (1994), Strategi dan Program Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

J.B., Hecker, (1991), Controllership, Erlangga, Jakarta.

J., Supranto, (1997), ~tatistik Teori dan Aplikasi, Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta.

Khotler, Philip, dan Amstrong, G., (1997), Manajemen Pemasaran (Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol), Jilid Dua, Prenhallindi, Jakarta.

Mulyadi, (1993), Akuntansi Manajemen Konsep Manfaat dan Rekayasa, STIE, Yogyakarta.

Stanton, J., William, (1994), Intisari Manajemen Pemasaran, Didasarkan oleh Saladin, J., IPTEK, Bandung.

Stanton, J., William, (1999), Prinsip Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Sudjana, (1992), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Sugiono, (1993), Metode Penelitian Administrasi, Tarsito, Bandung.

Surakhmad, W., (1985), Pengantar Penelitian 17miah, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324