RE-DESAIN CANTING LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PENGRAJIN BATIK CIAMISAN

Heris Syamsuri, Zenal Abidin

Sari


Batik merupakan warisan nenek moyang yang bersifat unik. Keunikan ini terlihat dari beragam motif yang memiliki makna tersendiri. Ciamis memiliki batik tradisi turun temurun dalam sejarah kerajinan batik dengan corak dan karakter yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia.Batik Ciamis mempunyai corak dan karakter berbeda dengan batik daerah lain di Indonesia. Batik ciamisan tampil penuh wibawa tapi sederhana. Kesederhaan dipengaruhi asal mula keberadaannya daerahnya, baik dari daerah pesisir maupun nonpesisir dan terpadu dengan nilai budaya Sunda serta kehidupan sosial masyarakat tatar galuh Ciamis, sehingga menghadirkan ragam motif sesuai dengan gaya hidup dan selera masyarakat yang bersahaja tetapi elegant.Masyarakat tatar galuh mengenal dua jenis batik, yaitu batik tulis dan batik cap. Batik tulis dibuat seluruhnya dengan tangan, sehingga merupakan karya seni utuh para pembatik. Proses pembuatannya memakan waktu hingga 3 (tiga) bulan sehingga harganya lebih mahal dan berkelas.Seni batik adalah seni gambar di atas kain, untuk menuliskan pola batik dengan cairan lilin diperlukan alat untuk memindahkan atau mengambil cairan yang khas digunakan untuk membuat batik tulis yang disebut canting. Berdasarkan hasil kunjungan ke lapangan, penggunaan canting tradisional memiliki beberapa kekurangan diantaranya tempat menjadi mudah kotor dan lilin sering tumpah dan dikhawatirkan dapat membahayakan pengguna. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang rekayasa canting listrik.

Kata Kunci


Ciamis, Batik, Canting, Seni, Motif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, Fitri & Maulana, Arief (2012). Analisis Postur Kerja dengan Tinjauan Ergonomi di Industri Batik Madura. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol.1/No.3 Sept 2012, h. 167-171.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasan, Muhammad Tholchah, dkk. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif, Tinjauan Teoritis dan Praktis. Surabaya: Visipress Offset.

ProLH, GTZ, Panduan Penerapan Eko-efisiensi Usaha Kecil dan Menengah Sektor Batik. Jakarta: Kementrian Negara Lingkungan Hidup RI, 2007

Putri, Tri Yundiarti. Faktor yang Mempengaruhi Keluhan Subyektif Kelelahan Mata pada Operator Komputer di PT. Dok & Perkapalan Surabaya. Surabaya : Unair

Riyanto, Didik. 1997. Proses Batik: Batik Tulis, Batik Cap, Batik Printing. Solo: CV Aneka.

Riyanto, Didik., dkk. 1997. Katalog Batik Indonesia. Yogyakarta : BPBK.

Sa’du, Abdul Aziz. 2010. Buku Panduan Mengenal dan Membuat Batik. Jogjakarta: Harmoni.Susanto, S: Balai Besar Penelitian Batik dan Kerajinan, Lembaga Penelitian dan Pendidikan Industri, Departemen Perindustrian RI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324