OPTIMASI JUMAH PRODUKSI PRODUK FURNITURE PADA PD. SURYA MEBEL DI KECAMATAN CIPAKU DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING

Maman Hilman

Sari


Perusahaan Dagang (PD) Surya Mebel  memproduksi produk furniture tidak melalui perencanaan yang baik. Sehingga sering terjadi produk yang dibuat tidak terjual. Untuk mengatasi hal tersebut PD Surya mebel belum mengetahui bagaimana merencanakan jumlah produsi dengan baik dan tepat. Penelitian untuk merencanakan jumlah produksi produk furniture yang optimal harus dilakuan agar keuntungan dapat dioptimalkan.Penelitian ini rumusan masalahnya adalah : bagaimana merencanakan jumlah produksi produk furniture di PD Surya Mebel dengan metode Linear Programming. Penelitian ini tujuannya adalah: mengetahui bagaimana merencanakan jumlah produksi produk furniture di PD Surya Mebel dengan metode Linear Programming. Metode Linier Programing adalah metode yang dipakai dalam penelitian ini.Hasil Penelitian diperoleh bahwa jumlah produksi produk Pintu sebanyak 5 unit, sedangkan produk Meja, Kursi, dan Jendela tidak diproduksi, dengan keuntungan optimal sebesar Rp. 2.000.000,-/ bulan.

Kata Kunci


PD Surya Mebel, Linier Programing.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astonis, H. P. M., & Putra, H. (2014). Optimasi produksi menggunakan metode fuzzy linear programming. Jurnal Mahasiswa Statistik, 2(4), pp-305.

Christian, S. (2013). Penerapan Linear Programming untuk Mengoptimalkan Jumlah Produksi dalam Memperoleh Keuntungan Maksimal pada CV Cipta Unggul Pratama. The Winners, 14(1), 55-60.

Dewi, A. A. S. D. S., Tastrawati, N. K. T., & Sari, K. (2014). Analisis sensitivitas dalam optimalisasi keuntungan produksi busana dengan metode simpleks. Jurnal Matematika, 4(2), 90-101.

Hasan, Iqbal. 2002. Teori Pengambilan Keputusan. Ghalia Indonesia: Jakarta.

Herman, R. T. (2008). Penerapan Model Pemrograman Linier Dalam Peningkatan Produktivitas Dan Kinerja Bisnis. In Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi-IST AKPRIND Yogyakarta.

Nur’safara, U. M. (2015). Optimasi Produksi dengan Menggunakan Metode Grafis untuk Menentukan Jumlah Produk yang Optimal (Kasus pada House Of Leather Bandung)(Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (UNISBA)).

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Manajemen Operasis dan Studi Kasus. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Setiawan, Agus. 2003. Menentukan Perencanaan Kebutuhan Distribusi Dan Bahan Baku Untuk Produk Roti Pada Perusahaan Mellvile di Ciamis. (Tugas Akhir). Teknik dan Manajemen Industri Unigal, Ciamis: Ciamis.

Sriwidadi, T., & Agustina, E. (2013). Analisis Optimalisasi Produksi dengan Linear Programming Melalui Metode Simpleks. Binus Business Review, 4(2), 725-741.

Sudarsana, D. K. (2009). Optimalisasi Jumlah Tipe Rumah Yang Akan Dibangun Dengan Metode Simpleks Pada Proyek Pengembangan Perumahan. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil.

Supranto, Johannes. 1988. Riset Operasi Untuk Pengambilan Keputusan. Penerbit Universitas Indonesia: Jakarta.

Suswaini, E. (2008). STRATEGI MENGOPTIMALKAN PERENCANAAN PRODUKSI DAN DISTRIBUSI DENGAN METODE INTERGER LINIER PROGRAMMING BRANCH AND BOUND. Tugas Akhir.

Tambunan, Tulus TH. 2002. Usaha Kecil dan Menengah Di Indonesia. Salemba Empat: Jakarta.

Tarliah, Tjutju. 2006. Operations Research, Model-Model Pengambilan Keputusan. Cetakan Ke Delapan. Penerbit Sinar Baru Algesindo: Bandung.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi Ke Dua. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Umar, Husein. 1998. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Grafindo Persada: Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324