PERENCANAAN JUMLAH PRODUKSI OPTIMUM DENGAN METODE LINEAR PROGRAMING PADA UD MUKTIJAYA COR DI CIAMIS

Ngusman N

Sari


UD Muktijaya Cor merupakan salah satu industri kecil menengah yang  memproduksi produk Paving Blok,  Batako, Kusen Cor dan Hong. Agar menghasilkan keuntungan yang optimal dengan trend positif maka perusahaan di tuntut untuk dapat mengefisiensikan  bahan baku dan biaya produksi serta produk yang di hasilkan efektif berdasarkan Demand konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana jumlah produk Paving Blok,  Batako, Kusen Cor dan Hong di UD Muktijaya Cor, dan Bagaimana jumlah produksi produk Optimum di UD Muktijaya Cor dengan menggunakan Metode Linear Programing. Metode yang digunakan adalah Linier Programming. Berdasarkan hasil analisis sensitivitas dengan bantuan softwhare LINDO, hasil optimalnya adalah perusahaan dapat memproduksi Paving Blok sebanyak 1560 unit, Kusen Cor sebanyak 240 unit dan Hong sebanyak 300 unit. Adapun dengan  batako tidak diproduksi, karena tidak termasuk produk yang dapat mengoptimalkan keuntungan produksi. Dan Kendala menunjukkan bahwa perusahaan dapat menambahkan bahan baku semen dengan batasan 720 kg dan mengurangi bahan baku semen dengan batasan 6.240 kg, Produksi  Kusen Cor  dapat dinaikkan jumlah produksinya dengan  batasan 360 unit dan diturunkan dengan batasan 240 unit, Produksi Hong dapat dinaikkan jumlah produksinya dengan  batasan 240 unit dan diturunkan dengan batasan 300 unit.

Kata Kunci


UD Mukti Jaya Cor, Linier Programming.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Hasan, Iqbal. 2002. Teori Pengambilan Keputusan. Ghalia Indonesia: Jakarta.

Hilman, M. (2019). OPTIMASI PROSES PRODUKSI PRODUK MAKANAN PADA UKM MAKANAN DI KABUPATEN CIAMIS DENGAN METODE INTEGER LINIER PROGRAMMING.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Manajemen Operasis dan Studi Kasus. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Setiawan, Agus. 2003. Menentukan Perencanaan Kebutuhan Distribusi Dan Bahan Baku Untuk Produk Roti Pada Perusahaan Mellvile di Ciamis. (Tugas Akhir). Teknik dan Manajemen Industri Unigal, Ciamis: Ciamis.

Supranto, Johannes. 1988. Riset Operasi Untuk Pengambilan Keputusan. Penerbit Universitas Indonesia: Jakarta.

Tambunan, Tulus TH. 2002. Usaha Kecil dan Menengah Di Indonesia. Salemba Empat: Jakarta.

Tarliah, Tjutju. 2006. Operations Research, Model-Model Pengambilan Keputusan. Cetakan Ke Delapan. Penerbit Sinar Baru Algesindo: Bandung.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi Ke Dua. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Umar, Husein. 1998. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Grafindo Persada: Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324