KARAKTERISTIK ANGGOTA PEMBENTUK PARTISIPASI DALAM KEGIATAN KELOMPOK TANI

Tenten Tedjaningsih, Suyudi Suyudi, Nurul Risti Mutiarasari, Wida Parmila

Abstract


Partisipasi anggota kelompok tani merupakan proses pemberdayaan petani dalam kelompok tani untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik anggota kelompok tani, tingkat partisipasi anggota dan menganalisis hubungan antara karakteristik anggota dengan partisipasi anggota Kelompok Tani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey terhadap anggota Kelompok Tani Ciheulang yang berada di Desa Mulyajaya Kecamatan Wado Kabupaten Sumedang Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 33 orang. Analisis data menggunakan metode analisis korelasi Rank Spearman. Karakteristik petani dilihat dari umur,pendidikan, pekerjaan, pengalaman berkelompok tani, serta luas lahan sawah garapan sedangkan partisipasi dilihat dari keikutsertaan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan kelompok Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik karakteristik anggota maupun partisipasinya dalam kegiatan kelompok termasuk katagori sedang. Hasil analisis Rank Spearman terdapat hubungan antara karakteristik dengan tingkat partisipasinya dengan tingkat hubungan rendah.

Full Text:

PDF

References


Antika AY, Nikmatullah D, dan Prayitno RT. 2017. Tingkat partisipasi anggota P3A dalam program pengembangan jaringan irigasi (PJI) di Kelurahan Fajar Esuk Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. JIIA, 5 (3). 335-343.

Hermaya Rukka dan Arman Wahab, 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi Petani dalam pelaksanaan kegiatan P2BN di Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Jurnal Agristan, Juni 2013 Vol 9 No 1 (46-56)

Kementerian Pertanian. 2016. Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 67/PERMENTAN/SM.050/12/2016. Jakarta Tentang Pembinaan Kelembagaan Petani.

Moehar Daniel, Darmawati dan Nieldalina . 2005. PRA (Participatory Rural Appraisal.Jakarta . Bumi Aksara

Rully Irawan dan Tati Suhartati Joesron. 1997. .Manajemen Koperasi. Bandung. Lemlit UNPAS

Sapja Anantanyu. 2011. Kelembagaan Petani : Peran dan Strategi Pengembangan Kapasitasnya . SEPA Vol 7 No 2 Februari 2011: 102-109

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sukino. 2013. Membangun Pertanian dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani. Jogjakarta. Pustaka Baru Press

Totok Mardikanto. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta. UNS Press.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License