PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETANI PADI PADA LAHAN SAWAH IRIGASI MELALUI PERBAIKAN TEKNOLOGI BUDIDAYA DI KABUPATEN PURBALINGGA

Tota Suhendrata, Ekaningtyas Kushartanti

Abstract


Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi penyangga padi (beras) nasional terbesar disusul oleh Jawa Timur dan Jawa Barat pada tahun 2019. Dalam peningkatan produksi padi banyak permasalahan yang dihadapi tetapi terdapat juga sejumlah peluang untuk peningkatan produktivitas, produksi dan pendapatan petani. Salah satu peluang adalah tersedianya inovasi teknologi prapanen, panen dan pascapanen untuk meningkatkan produktivitas, produksi dan pendapatan. Tujuan pengkajian untuk mengetahui peran paket teknologi introduksi budidaya padi terhadap produktivitas dan pendapatan petani. Pengkajian ini dilaksanakan di lahan sawah irigasi milik anggota kelompok tani Sidamukti I Desa Kalimanah Wetan Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga seluas 4 ha pada MT-2 (April-Agustus) 2018. Paket teknologi yang diintroduksikan meliputi teknologi: 1) varietas unggul baru Inpari 32 dan 33,  2) pupuk hayati: agrimeth, 3)  biodekomposer: M-Dec, 4) sistem tanam jajar legowo 2:1 dan 5) pemupukan sesuai rekomendasi. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa produktivitas paket teknologi introduksi lebih tinggi dibandingkan paket teknologi eksisting dengan peningkatan rata-rata 1,3 t/ha GKG atau terjadi peningkatan 27,44%. Secara finansial usahatani teknologi introduksi lebih menguntungkan dibandingkan teknologi eksisting, walaupun biaya usahatani teknologi introduksi lebih tinggi dengan Benefit Cost Ratio (B/C) 1,2 dan Margin Benefit Cost Ratio (MB/C) 5,9. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan paket teknologi introduksi dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani padi lahan sawah irigasi. Apabila teknologi ini dikembangkan secara luas maka dapat meningkatkan produksi padi dan pendapatan petani.

Full Text:

PDF

References


Abdulrachman, S., M. J. Mejaya, N. Agustiani, I. Gunawan, P. Sasmita dan A. Guswara, 2013. Sistem Tanam Legowo. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Balitbangtan (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian). 2016. Petunjuk Teknis Budidaya Padi Jajar Legowo Super. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

BB Padi (Balai Besar Penelitian Tanaman Padi), 2020. Bahas Senjang Hasil Padi, Dr. Patricio Grassini dari University of Nebraska, USA Seminar di BB Padi. http://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/ index.php/info-berita/berita/bahas senjang-hasil-padi-dr-patricio-grassini-dari-university-of-nebraska-usa-seminar-di-bb-padi. Diakses pada tanggal 3 Maret 2021.

BPS Provinsi Jawa Tengah, 2018. Jawa Tengah Dalam Angka 2018. BPS Provinsi Jawa Tengah

Budiono, R dan T. Sudaryono. 2018. Strategi Memasifkan Inovasi Teknologi Jarwo Super di Jawa Timur. In Syahbuddin et al. (eds), Model Diseminasi dan Pola Adopsi Tekbologi Dalam Perspektif Pembangunan Pertanian Perdesaan (53-76). IAARD Press.

Hastini, T., Darmawan dan I. Ishaq. 2014. Penampilan Agronomi 11 Varietas Unggul Baru Padi di Kabupaten Indramayu. Agrotrop. Journal of Agricultural Sciences 4 (1): 71-79.

Ishaq, I., dan Leferdi. 2018. Kesesuaian Inovasi Jarwo Super Dan Peluang Difusi Teknologinya di Jawa Barat. In Syahbuddin et al. (eds), Model Diseminasi dan Pola Adopsi Tekbologi dalam Perspektif Pembangunan Pertanian Perdesaan (129-147). IAARD Press.

Kaihatu, S.S, dan M. Pesiroren. 2011. Adaptasi Beberapa Varietas Unggul Baru Padi Sawah di Marokai. J. Agrivigor 11 (2): 26 (3): 167-173.

Kementerian Pertanian, 2020. Upaya Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern. https://paktanidigital.com/artikel/upaya-mewujudkan-pertanian-maju-mandiri-dan-modern/# .XjosqoiyRLM. Diakses pada tanggal 2 Maret 2021.

Kushartani, E., A. S. Romdon dan T. Suhendrata. 2019. Diseminasi Teknologi Jajar Legowo (Jarwo) Super di Kabupaten Tegal. In Hermawan et al. (eds), Peningkatan produksi padi melalui jajar legowo super: paket, komponen dan adopsi teknologi (155-174). Jakarta: IAARD Press.

Kushartanti, E., S. C. B. Setianingrum., Hartono, P. Sirait., Warsana, S. Murtiati, A.P.M. Rahayu., S. Bahri., T. Suhendrata, D. Sahara, H. Anwar, S. Jauhari, Ngadimin, Sutrisno. 2017. Peningkatan Komunikasi, Koordinasi Dan Diseminasi Teknologi Pertanian di Jawa Tengan. Laporan Akhir Kegiatan. BPTP Jawa Tengah

Kushartanti, E., S. C. B. Setianingrum, Yulianto S. Murtiati, S. Bahri., T. Suhendrata, D. Sahara, D. U. Nurhadi, H. Anwar, S. Jauhari, Ngadimin, Sutrisno. 2018. Kaji Terap Inovasi Pertanian. Laporan Akhir Kegiatan. BPTP Jawa Tengah

Malian, A.H., 2004. Analisis Ekonomi dan Kelayakan Finansial Teknologi Pada Skala Pengkajian. Makalah disampaikan pada Pelatihan Analisa Finansial dan Ekonomi bagi Pengembangan Sistem dan Usahatani Agribisnis Wilayah. Bogor, 29 November – 9 Desember 2004.

Purba, R., dan Y. Giametri. 2017. Keragaan hasil dan keuntungan usahatani padi dengan introduksi varietas unggul di Provinsi Banten. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI) 22 (1): 13 - 19.

Soekartawi, 2006. Analisis usahatani. UI-Press.

Suhendrata, T. dan R. Oelviani. 2021. Strategi Peningkatan Produksi Padi Sawah Dalam Mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Modern. In Praptama et al. (eds), Inovasi Teknologi: Mendukung Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Wilayah Jawa Tengah (40-65) Loka Aksara Press.

Suhendrata, T., 2017. Peran Teknologi Pertanian Dalam Meningkatkan Produktivitas dan Pendapatan Petani Padi di Lahan Sawah Irigasi. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pertanian VII 2017. Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada.

Supriyo, A dan S. Piay. 2020. Analisis teknis, ekonomi dan sosial inovasi jarwo super padi di sawah irigasi (studi kasus : Kabupaten Klaten). In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pertanian Kesiapan Sumber Daya Pertanian dan Inovasi Spesifik Lokasi Memasuki Era Industri 4.0. 461-470.

Suratiyah, K. 2006. Ilmu usahatani. Jakarta: Penerbit Swadaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License