KOMPARASI AGRIBISNIS TEBU MELALUI SISTEM INTEGRASI TEBU DAN SAPI DI KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI

Dwi Nurul Amalia, Armen Mara, Siti Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui gambaran agribisnis tebu melalui sistem integrasi tebu-sapi dan konvensional di Desa Sungai Asam Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci, 2) menganalisis pendapatan dan kelayakan agribisnis tebu dengan sistem integrasi tebu-sapi dan konvensional melalui analisis komparasi di Desa Sungai Asam Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci. Data yang digunakan yaitu data primer  dan data sekunder.  Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, analisis pendapatan dan analisis uji beda dua rata-rata. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sungai Asam Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci yang ditentukan secara purposive. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 60 responden yang dikelompokkan menjadi dua yaitu kelompok sampel yang menerapkan sistem integrasi tebu dan sapi sebanyak 30 responden dengan kelompok sampel yang menerapkan konvensional sebanyak 30 responden. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Petani integrasi memanfaatkan potensi limbah daun tebu sebagai pakan, limbah kotoran ternak sebagai pupuk bagi tanaman, ampas tebu sebagai tambahan bahan bakar proses pemasakan gula dan penggilingan tebu dengan menggunakan tenaga sapi. Sedangkan petani konvensional hanya memanfaatkan ampas tebu sebagai tambahan bahan bakar dan penggilingan tebu menggunakan tenaga mesin. (2) Hasil analisis komparasi pendapatan dan kelayakan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara petani yang menerapkan agribisnis tebu sistem integrasi dan konvensional. Perbedaan pendapatan dan kelayakan dilihat dari aspek produksi yaitu biaya produksi, dan penerimaan. 

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2019. Pendapatan Perkapita Menurut Lapangan Usaha Kabupaten/Kota. Badan Pusat Statistik Jambi.

Hermanto, F. 1996. Ilmu Usahatani. Jakarta : Penebar Swadaya.

Ilham, Nyak dan Saptana. 2015. Pengembangan Sistem Integrasi Tanaman Tebu-Sapi Potong di Jawa Timur. Analisis Kebijakan Pertanian. 13(2) : 147-165.

Mathius I Wayan. 1994. Potensi dan Pemanfaatan Pupuk Organik Kotoran Ternak. Wartazoa, Vol.3, Hal.2-4.

Murni, R., S. Akmal, dan B.L. Ginting. 2008. Buku Ajar Teknologi Pemanfaatan Limbah untuk Pakan. Jambi: Universitas Jambi.

Nurhidayati, Pujiwati, Solichah A, Djuhari, Basit A. 2008. Pertanian organik Suatu Kajian Sistem Pertanian Terpadu Dan Berkelanjutan [ebook]. Malang : Program Studi Agroteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Malang.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License