KARAKTERISTIK MUTU BEBERAPA JENIS BERAS DI TINGKAT PASAR

Jumali Jumali, Liyanan Liyanan

Abstract


Telah dilakukan penelitian kajian mutu beras yang beredar di tingkat pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun 2020. Penelitian bertujuan mengkaji mutu dan sebaran varietas di tingkat pasar . Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kadar beras kepala di pasar Beringharjo, Lempuyangan dan Kranggan berturut-turut sebesar 81,78%, 82,95% dan 83,73%.  Menurut standar kualitas beras pengadaan dalam negeri, untuk kualitas Mutu IV SNI, maka kadar beras kepala minimal 78%. Berdasarkan kriteria ini sebagian besar beras yang dianalisis memenuhi kriteria kelas mutu IV bahkan III. Persentase panelis yang menyatakan suka pada rasa sampel nasi yang diujiakan berkisar antara 70 – 90% . Sisanya antara 10 – 30% menyatakan tidak suka sampai sedang. Umumnya masarakat Prov DIY  menyukai beras dengan rasa setara Ciherang , hal ini ditunjukkan dengan persentase yang lebih besar dari pada beras lainnya. Persentase panelis yang menyatakan suka pada rasa sampel nasi yang diujiakan berkisar antara 70 – 90% . Sisanya antara 10 – 30% menyatakan tidak suka sampai sedang. Umumnya masarakat Prov DIY  menyukai beras dengan rasa setara Ciherang , hal ini ditunjukkan dengan persentase yang lebih besar dari pada beras lainnya.

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional (BSN). 1999. Standar mutu dan cara uji beras giling. Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 01-6128-1999.

Badan Urusan Logistik (BULOG). 2005. Pedoman Umum pengadaan gabah dan beras dalam negeri tahun 2005 di lingkungan perusahaan umum BULOG. Divisi Pengadaan Perum BULOG. Jakarta.

IRRI.2002. Rice grain quality evaluation procedures. Methods currently in use in the PBGB (Plant Breeding, Genetic and Biochemistry) grain quality laboratory . International Rice Research Institute, Los Banos, Philippines : 9p.

Setyono A., Suismono, T. Ilyas dan S. Nugraha, 1999. Pengamatan kehilangan hasil panen dan perontokan padi. Disampaikan Pada Seminar Apresiasi Penggunaan Alsintan dalam Menekan Kehilangan dan Peningkatan Mutu Hasil Tanaman Pangan. Direktorat Bina Usaha dan Pengolahan Hasil. Jakarta, 22 Desember 1999.

Setyono A., 2003. Konsep model agroindustri padi terpadu. Prosiding Seminar Nasional PATPI. Yogyakarta, 22-23 Juli 2003.

Setyono, A., A. Guswara, E. Suwangsa dan E.Sutisna, 2006a. Penekanan kehilangan hasil dengan menggunakan mesin perontok pada pemanenan padi sistem kelompok mendukung budidaya padi unggul mutu. Inovasi Teknologi Padi Menuju Swasembada Beras Berkelanjutan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor, Buku II Hal. 265 – 646.

Setyono, A., Suismono dan Jumali dan Sutrisno, 2006b. studi penerapan teknik penggilingan unggul mutu untuk produksi beras bersertifikat inovasi teknologi padi menuju swasembada beras berkelanjutan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor, Buku II. Hal. 647-652.

Wardana, I. P, Jumali, S. Hari Mulya, Agus Setyono, 2005. Penelitian preferensi konsumen terhadap karakteristik mutu beras di daerah Jawa Timur. Laporan Akhir Tahun 2005. Balai Penelitian Tanaman Padi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

Wardana, I.P, Dina Agustina, Jumali, S. Hari Mulya, Agus Setyono, 2006. Penelitian preferensi konsumen terhadap karakteristik mutu beras di daerah Bali. Laporan Akhir Tahun 2006. Balai Besar Penelitian Tanaman padi, pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

Wibowo P., S.D. Indrasari, dan Jumali.2004. Penelitian preferensi konsumen terhadap mutu beras. Laporan Penelitian. Balai Penelitian Tanaman Padi.

Mutters R.G. dan J.F. Thompson . 2009. Rice Quality Handbook. University of California. ANR Publication. California

Vernamkhasti , M.G ., H. Mobli, A. Jafari, A.R.Keyhani, M.H.Sultanabadi, S Rafiee, K. Kheiralipoura. 2008. Some physical properties of rough rice (Oryza Sativa L.) grain. Journal of Cereal Science 47 pp. 496-501.

Yadav, B.K. dan V.K.Jindal. 2008. Changes in head rice yield and whiteness during milling of rough rice (Oryza Sativa L). Journal of Food Engineering 86 pp. 113-121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License