HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Siti Eftafiyana, Siti Asiyah Nurjanah, Marzan Armania, Asep Ikin Sugandi, Nelly Fitriani

Sari


Penelitian ini bertjuan untuk menelaah bagaimana hubungan antara kemampuan berpikir kreatifmatematis dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatanCreative Problem Solving (CPS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasieksperimen, dengan cara mengambil dua kelas yang berbeda, kemudian kelas pertamamendapatkan pembelajaran dengan CPS dan kelas kedua menggunakan pembelajaran biasa.Populasinya adalah seluruh siswa SMP di Kota Cimahi, dengan sampel diambil dua kelas. Keduakelas diberi pretes agar mengetahui kemampuan awal mereka, selanjutnya kelas eksperimendiberi pembelajaran dengan CPS dan kelas kontrol diberi pembeljaran biasa, dan terakhir keduakelas diberikan postes dan angket motivasi belajar yang mana data tersebut akan diolah dandianalisis korelasinya menggunakan Product Moment Person. Hasil penelitian menunjukan adanyahubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kretif matematis dan motivasi belajar siswadalam pembelajaran matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamzah. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukuranya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriana, H., Rohaeti, E.,E., Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Aditama.

Iswadi, H.(2015). Sekelumit Hasil PISA 2015 yang Baru Rilis. [Online] tersedia : http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015- results-that-have-just-been-Released.html. [ 15 Oktober 2017].

Pratiwi E. M., Kriwandari, Prihatnani E., (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP N 2 Tuntang.Jurnal Universitas Kristen Sattya Wacana., 20(2). :92-106.

Santoso, H.R.W., Ratu, N., Yunianta T.N.H., (2016). Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (Tkbk) Pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Jurnal Universitas Kristen Sattya Wacana., 30(2). :82-95.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :Rajawali Press.

Siswono, T.Y.E.(2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemecahan Masalah Tipe “What’s Another Way”. Jurnal Pendidikan Matematika “transformasi”. 19(1): (1-13).

Sumartono, Yustari E., (2014). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika., 2(3): 187-193.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: JICA-IMSTEP Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i2.1070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: