PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID TIPE TRADITIONAL CLASESS-REAL WORKSHOP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA

Yoni Sunaryo, Ida Nuraida, Nur Eva Zakiah

Sari


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu diiringi dengan peningkatan kualitas sumber dayamanusia (SDM). Hal tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan. Pendidikan erat kaitannya denganproses pembelajaran sehingga salah satu cara agar kualitas SDM meningkat adalah dengan pemilihanmodel pembelajaran yang melibatkan teknologi selama proses pemebalajarannya. Salah satu modelpembelajaran yang menggunakan teknologi saat proses pembelajarannya adalah model pembelajaranHybrid tipe Traditional Classes-Real Workshop. Software yang digunakan adalah geogebra.Penggunaan software geogebra dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.Kemampuan pemahaman adalah hal yang penting untuk dilmiliki oleh siswa. Kemampuanpemahaman termasuk aspek kognitif. Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah aspek afektif yangsalah satunya adalah self-confidence (rasa percaya diri). Oleh karena itu tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hybrid tipe Traditional Classes-RealWorkshop terhadap kemampuan pemahaman matematik ditinjau dari self-confidence siswa.Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Pamarican Tahun Pelajaran2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yanghasilnya adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima modelpembelajaran Hybrid tipe Traditional Classes-Real Workshop dan kelas VIII F sebagai kelas controlyaitu kelas yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah soal teskemampuan pemahaman matematik dan angket berupa skala self-confidence. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Hybrid tipe Traditional Clasess-RealWorkshop terhadap kemampuan pemahaman matematik ditinjau dari self-confidence siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

KEMENDIKBUD. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: KEMENDIKBUD

NCTM. (2004). Curriculum and evaluation standard for school mathematics. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics.

Suherman dan Yaya K. (1990). Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijayakusumah.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs. N 2 Ciamis. Jurnal Teorema : Teori dan Riset Matematika. Vol 1, No 2. ISSN : 2597-7237. Tersedia online: https://jurnal.unigal.ac.id. [15 Februari 2018]




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i2.1071

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: