ETNOMATEMATIKA : Matematika dalam Kehidupan Petani di Kabupaten Karawang

Indrie Noor Aini

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah istilah atau simbol matematika yang digunakan olehpetani di Kabupaten Karawang. Dalam kehidupan sehari-hari mereka telah menggunakankonsep matematika yaitu diantaranya bangun datar. Matematika yang lahir dari budayadinamakan etnomatematika. Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian deskriptifeksploratif dengan subjek penelitiannya adalah petani di salah satu desa di KabupatenKarawang. Fenomena yang dijelaskan dalam penelitian ini adalah etnomatematika dalamkehidupan petani di Kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini adalah bahwa petani diKarawang menggunakan matematika dalam kegiatan sehari-hari untuk menentukan luassawah, menghitung luas sawah, mengukur panjang dan lebar sawah dan menentukan jarakantara benih padi. Hal ini menggambarkan bahwa memiliki kemampuan etnomatematikayang baik dan perlu disosialisasikan, digunakan dan dipelihara secara khusus oleh pendidikformal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barton, B. (2016). Mathematics, education & culture: a contemporary moral imperative. Proceedings of 13th International Congress on Mathematical Education. Hamburg, Germany.

D'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i2.1072

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: