PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Neneng Aminah, Irawati Irawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa
(LKS), Pedoman Pembelajaran Guru, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi
Kubus dan Balok yang berbasis Pendekatan Kontekstual untuk siswa SMP kelas VIII semester 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dari aspek kevalidan. Jenis penelitian ini
menggunakan model pengembangan ADDIE, namun dalam penelitian ini hanya sampai tahapan Analisis
(Analysis), Desain (Design), dan Pengembangan (Development). Subjek dari penelitian ini adalah siswa
SMP Negeri 1 Sindang kelas VIII-B sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes kemampuan awal siswa pada tahapan analisis karakteristik siswa, analisis kurikulum untuk
mengetahui materi yang akan digunakan pada siswa, dan penilaian perangkat pembelajaran untuk
mengetahui kevalidan. Validasi perangkat pembelajaran ini dilakukan oleh lima ahli matematika,
diantaranya tiga dosen pendidikan matematika, dan dua guru matematika. Berdasarkan hasil validasi
yang diperoleh untuk LKS adalah 86% dengan kriteria sangat valid, validasi yang diperoleh untuk
Pedoman Pembelajaran Guru adalah 87,75% dengan kriteria sangat valid, dan validasi yang diperoleh
untuk RPP adalah 84,6% dengan kriteria cukup valid

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: ROSDA.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.

Jakarta: Prenadamedia Grup.

Aminah, N. (2017). Kemampuan Berfikir Kritis dan Disposisi Matematis. Jurnal Dialektika. Vol 2 No 2. Hal

-59. ISSN: 2089 – 4821.

Chodijah, Siti, dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided

Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian

Pembelajaran Fisika. Vo 1 No. 1 Hal. 1-19. ISSN: 2252-3014.

Hilman & Retnawati, Heri. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan

Metode Inkuiri pada Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Valiabel. Jurnal Riset

Pendidikan Matematika. Volume: 2. Hal. 35-41. ISSN: 2356-2684.

Johnson, Elaine B. (2014). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.

Rusyda, Nurul Afifah& Sari, Dwi Septina. (2017). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and

Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Garis

dan Sudut. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Volume: 1. ISSN: 2549-8495.

Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v3i2.1178

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: