Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

Arif Rahman Hakim, Sulistiawati Sulistiawati, Samsul Arifin

Sari


Rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) matematika siswa SMP Negeri Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menunjukkan masih banyak siswa belum memdapatkan prestasi belajar matematika yang baik. Beberapa faktor yang mempengaruhi baik buruknya prestasi belajar matematika siswa adalah kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat: (1) hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kapuas Barat, Kalimantan Tengah, (2) hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kapuas Barat, Kalimantan Tengah, (3) hubungan positif antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kapuas Barat, Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertipe korelasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah regresi ganda dan korelasi ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kapuas Barat, Kalimantan Tengah dari kelas IX-A sampai IX-D yang berjumlah 81 siswa. Banyaknya sampel penelitian ditentukan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan (1970). Sampel penelitian ini berjumlah 66 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kapuas Barat, Kalimantan Tengah, hai ini ditunjukan dari nilai koefisien korelasi sederhana  dan koefisien determinasi sebesar 15,158%. (2) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kapuas Barat, Kalimantan Tengah, hai ini ditunjukan dari nilai koefisien korelasi sederhana  dan koefisien determinasi sebesar 13,125%. (3) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kapuas Barat, Kalimantan Tengah, hal ini ditunjukan dari nilai koefisien korelasi ganda  dan koefisien determinasi sebesar 29,668%. Jadi, semakin tinggi kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa, maka semakin tinggi prestasi belajar matematika yang dicapai siswa.Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi belajar, Prestasi Belajar Matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Karimah, Nur Fadhilah. "Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mtsn Ngemplak Boyolali." Abstrak Hasil Penelitian, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.

Arianto, Ahmad Budi. "Membangun Karakter Siswa Melalui Penghargaan (Reward) dan Hukuman (Punishment) di SMP Negeri 25 Surabaya." Tesis, 2011.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Efendi, Agus. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta, 2005.

Fraenkel, Jack R, dkk. How to Design and Evaluate Research in Education. Amerika: CGraw-Hill, 2012.

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence. Penerjemah: T. Hermaya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016.

——. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Penerjemah: Alex Tri Kantjono Widodo, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Hasratuddin. "Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika." Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Volume 6, Nomor 2, 2013: 130-141.

Hill, Robin. "What Sampel Size is "Enough" in Internet Survey research?" IPCT-Journal, Volume 6, No. 3-4, 1998.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2017. http://kbbi.web.id (accessed November 27, 2017).

Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Krejcie, Robert V., dan Daryle W. Morgan. "Determining Sample Size for Research Activities." Educational and Psychological Measurement, 1970: 607-610.

Lanawati, Sri. Hubungan Antara Emotional Intelligence (EI) dan Inteligensi (IQ) dengan Prestasi Belajar Siswa SMU Methodist Di Jakarta. Tesis, Universitas Indonesia, 1999.

Mukhtar, Radinal. "Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta." Abstrak Hasil Penelitian, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.Nurjanah, Ria. "Hubungan Tingkat Partisipasi dalam Kegiatan Ekstrakulikuler dengan tingkat Kecerdasan Emosional siswa SMAN 14 Jakarta." Skripsi, Universitas Indonesia, 2013.

Prihandoko, Antonius Cahya. Memahami Konsep Matematika secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Primansyah, Faydinal. "Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Diktat Dasar Perbaikan Bengkel Elektronika pada Kelas X Jurusan Elektronika Industri di SMK Muda Patria Kalasan ta 2013/2014." Abstrak Hasil Penelitian, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.

Puspendik. Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) Tingkat Sekolah. n.d. http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ (accessed Januari 12, 2017).

Sardiman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.

Satriani, Rafika Dewi. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri Reowinangun 1 Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Sheskin, David J. Handbook of Parametric and Nonparametric Statistical Procedures. Washington, D.C. : Chapman & Hall/CRC, 2004.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

——. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Sunaryo, Sony, Setiawan, dan Tiodora Hadumaon Siagian. "Mengatasi Masalah Multikolinieritas Dan Outlier dengan Pendekatan Robpca." Jurnal Matematika, Saint dan Teknologi, Volume 12, Nomor 1, 2011: 1-10.

Sundayana, Rostina. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2013.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Syifa, Layyinatus. "Pendeteksian Heteroskedasitas dengan Pengujian Korelasi Rank Sperman dan Tindakan Perbaikannya." Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2009.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v3i2.1557

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: