PERAMALAN DATA DERET WAKTU BERPOLA MUSIMAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI SPEKTRAL (Studi Kasus : Debit Sungai Citarum-Nanjung)

Dadang Ruhiat, Cecep Suwanda

Sari


Pemodelan dan peramalan data deret waktu di berbagai bidang, salah satunya di bidang hidrologi, terus berkembang, baik dalam pengembangan metode maupun dalam penerapannya.  Beberapa parameter hidrologi yang sangat  penting dan sering kali perlu untuk diramalkan  adalah debit sungai dan curah hujan. Kedua parameter hidrologi tersebut kejadiannya dipengaruhi oleh musim sehingga teridentifikasi mengandung pola musiman.   Terkait dengan pemodelan dan peramalan data deret waktu debit sungai yang teridentifikasi mengandung pola musiman sebelumnya telah  dicoba dengan menggunakan beberapa metode yang berbasis kepada pendekatan metode statistik Box- Jenkins, yaitu melalui pemodelan Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average (SARIMA) dan Seasonal Autoregressive Fractionally  Integrated Moving Average (SARFIMA.). Pada paper ini akan diuraikan hasil pemodelan dan peramalan dengan menggunakan metode statistik lainnya yaitu metode regresi spektral.  Analisis terhadap hasil peramalan menunjukan bahwa peramalan data deret waktu debit sungai yang berpola musiman melalui metode spektral memberikan hasil yang cukup baik dan  mampu menirukan perilaku dari data deret waktu historisnya.  Keakuratan hasil peramalan tersebut diukur dengan menggunakan nilai kebaikan model Mean Absolute Percentage Error (MAPE), dan diketahui memiliki  Nilai MAPE yang relatif lebih kecil dari nilai MAPE hasil peramalan yang telah dilakukan sebelumnya melalui Model SARIMA.  Dengan demikian hasil peramalan melalui metode regresi spektral relatif lebih akurat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmawan, G., Mulyani, S., Sudartianto (2012). Pengujian Pola Musiman pada Data Deret Wakti Dengan Menggunakan Regresi Spektral. Prosiding Seminar Nasional Statistika ISSN Online 2599-2546 ISSN Cetak 2087-2590. Departemen Statistika Universitas Padjdjaran.

Darmawan, G. (2009). Perbandingan Model pada Data Deret Waktu Pemakaian Listrik Jangka Pendek yang Mengandung Pola Musiman Ganda. Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Juwono, P.T. (2010). Pengaruh Perbedaan Rerata Data Debit Pada Pemodelan deret Berkala untuk Peramalan Debit Sungai dengan Metode ARFIMA. Jurnal Pengairan, Vol 1. No.2, 2010. Fakultas Teknik UNIBRAW.

Lukman,M.,Susanto,E. (2007). Pemodelan Deret Waktu Menggunakan Teknik Exponential Smoothing untuk Peramalan Debit Sungai (Studi kasus Sungai Cabenge SWS Walanae-Cenranae. Artikel PIT Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia, Fakultas Teknik, Universitas Diponogoro, Semarang

Mulyana. (2007). Pemodelan Debit Air Sungai (Studi kasus DAS Cikapundung). Jurusan Statistika, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Ruhiat, D. (2016). Penerapan Model Seasonal Autoregressive Fractionally Integrated Moving Average (Sarfima) Untuk Peramalan Debit Air Sungai Cimanuk. Tesis Statistika Terapan. Universitas Padjadjaran

Ruhiat, D. dan Effendi, A. 2018. Pengaruh Faktor Musiman pada Pemodelan Deret Waktu untuk Peramalan Debit Sungai Dengan Metode SARIMA. Jurnal Teori dan Riset Matematika, Vol. 2. No. 2, Maret 2018.

Suprayogi,I., Fauzi, Manyuk; Efrizal, Eki. (2015). Pengembangan Model Hidrologi Runtun Waktu untuk Peramalan Debit Sungai Menggunakan Daubechies Wavelet –Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (Study Kasus Sub DAS Siak Bagian Hulu). Annual Civil Engineering Seminar 2015, Pekanbaru ISBN :978-979-792-636-6, Fakultas Teknik,

Wei, W. W.S. (2006). Time Series Analysis, Department of Statistics, Temple University, Philadelphia, Pennsylvania, USA




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1887

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: