MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA MTs DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAIN-BASED LEARNING

Sri Solihah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu permasalahan tersebut adalah pembelajaran yang tidak memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengeksploitasi potensi otak secara optimal, dimana umumnya lebih menekankan pada fungsi otak kiri. Tetapi, keterampilan berpikir kritis matematik perlu didukung oleh fungsi otak kanan. Karakteristik pembelajaran yang menawarkan konsep belajar yang menyelaraskan cara kerja otak yang dirancang alami adalah dengan belajar Brain-Based Learning (BBL). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttes. Berdasarkan hasil Hasi penelitian menunjukan bahwa Pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Brain-Based Learning lebih baik daripada yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional ditinjau secara keseluruhan dan berdasarkan KAM ( kelompok tinggi, sedang dan rendah).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asikin, M. (2002). Dasar Proses Pebelajaran Matematik1. Jakarta: Reneka Cipta.

Awalola. (2011). Effect of Brain-Based Learning Strategy on Student’s Achievement in Senior Secendary School Mathematics in Oyo State Nigeria. Cypriot Journal of Educational Science, 2: 91–106.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika Edisi Revisi. Bandung: Rafika Aditama.

Hendriana, Rohaeti, & Sumarmo. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Rafika Utama.

Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak Cara Baru dalam Pembelajaran dan Pelatihan. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Jensen, E. (2009). Brain-Based Learning Edisi Revisi (Revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ruseffendi, H. E. T. (2015). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung : Tarsito.

Sumarmo. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA UPI.

Sunaryo, Y., Nuraida, I., dan Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau dari Self-Confidence Siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, Vol 2, No 2. 93-100.

Williawati, L. (2009). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Diskursus terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Matematika. UNPAS




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1934

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: