ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN MINAT BELAJAR PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR

Yenni Yenni, Rika Sukmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah struktur aljabar berdasarkan minat belajarnya. Kemampuan berpikir reflektif ini sangat penting dalam memaksimalkan hasil belajar. Yang termasuk dalam kriteria kemampuan ini adalah mampu menggunakan konsep-konsep matematika dalam menyelesaiakan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripsif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV kelas A2 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara. Analisis hasil tes menunjukkan bahwa mahasiswa dengan minat belajar tinggi mampu menguasai dua indikator kemampuan berpikir reflektif dengan baik, serta satu indikator lain yang tidak sempurna. Mahasiswa dengan minat sedang hanya mampu menguasai satu indikator kemampuan berpikir reflektif dengan baik, serta dua indikator lain tidak sempurna. Pada subjek penelitian ini, tidak ditemukan mahasiswa dengan minat belajar rendah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fifko, H. (2017). Meningkatkan minat belajar matematika melalui media dekak multifungsi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 3 Tahun ke 6.-6: 215-221.

Gurol, A. (2011). Determining the reflective thinking skills of pre-service teachers in learning and teaching process. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies, 3(3), 387-402.

Haryati, T., Nindiasari, H., & Sudiana, R. (2017). Analisis kemampuan dan disposisi berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10 (2), 146-158.

Hidayatullahlathifah, & Sujadi, A. A. (2017). Peningkatan minat dan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran make a match siswa kelas VIIF SMP 1 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 229-236

Jaenudin, Nindiasari, H., & Pamungkas A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69-82.

Nindiasari, H., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., Sabandar, J., dkk. (2014). Pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 1-12.

Sabandar, J. (2009). Berpikir reflektif dalam pembelajaran matematika. UPI: Himpunan Matematika Indonesia, 1(1). [Online]. Tersedia: http://fmipa.um.ac.id, [15 Maret 2017]

Silviani, T. R., Jailani, Lusyana, E., & Hadi, A. R. (2017). Upaya meningkatkan minat belajar matematika menggunakan inquiry based learning setting group investigation. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 8(2), 150-161.

Suharya, H. (2012). Berpikir reflektif (reflective thinking) siswa SD berkemampuan matematika tinggi dalam pemahaman masalah pecahan. Prosiding pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. 10 November 2012, Universitas Negeri Yogyakarta.

Supriyaningsih, N., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2017). Profil kemampuan berpikir reflektif Siswa SMP dalam menyelesaiakan soal matematika PISA pada konten quantity. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. 29 November 2017. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Zakiah, N. E. (2017a). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan self awareness siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika 2(1), 11-20. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1

Zakiah, N. E. (2017a). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy 2(2), 11-29. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/700

Zulmaulida, R. (2012). Pengaruh pembelajaran dengan pendekatan proses berpikir reflektif terhadap peningkatan kemampuan konesi dan berpikir kritis matematis siswa. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: Tidak dipublikasikan.


Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: