PENJADWALAN PERAWAT IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING

Eman Lesmana, Mardhiyah Herdyati

Sari


Rumah sakit merupakan kebutuhan masyarakat sebagai pelayanan dibidang kesehatan. Masyarakat yang membutuhkan penanganan medis dapat datang ke salah satu bagian rumah sakit yaitu Instalasi Gawat Darurat (IGD). Masyarakat dapat membutuhkan IGD kapan saja. Oleh karena itu dibutuhkan perawat yang siap sedia selama 24 jam dalam satu hari. Namun seorang perawat tidak dapat bekerja penuh 24 jam dalam sehari di rumah sakit atau bekerja pada shift yang sama dua hari atau lebih berturut-turut karena dapat mempengaruhi kesehatan perawat. artikel ini membahas tentang penjadwalan perawat menggunakan Metode Goal Programming. Metode goal progamming untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan perawat IGD Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung dengan tujuan meminimumkan penyimpangan pada fungsi tujuan. Metode dalam penelitian ini disesuaikan dengan kebijakan-kebijakan yang berlaku di rumah sakit dan kebutuhan perawat. Hasil dari penelitian ini dapat meminimumkan penyimpangan menjadi nol, sehingga didapat jadwal perawat yang optimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elomri, A., Elthlatiny, S., & Mohamed, Z.S. (2015). A Goal Programming Model for Fairy Scheduling Medicine Racidents. International Journal of Supply Chain Management, 4(2).

Hakim, L., Bakhtiar, T., & Jaharuddin. (2018). Model Goal Programming dan Pengoptimuman Taklinear pada Penjadwalan Perawat. Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 15(1), 23-32.

Hiller, F.S., & Lieberman, G.J., (2001). Introduction to Operations Risearch. California. United States of America.

Husen, A. (2008). Manajemen Proyek, Perencanaan, Penjadwalan dan Pengendalian Proyek. Yogyakarta.

Jaenal, R., Ismail, W.R, Yeun, L.C & Oughalime, A. (2011). A Cyclical Nurse Schedule Using Goal Programming. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ITB, 43 A(3), 151-164.

Siregar. P., Gamal. M.D.H. & Saleh. H. (2015). Optimisasi Penjadwalan dengan Goal Programming: Sebuah Studi Kasus Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan. Prosiding Semirata2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat, Universitas Riau. 385-395.

Taha, H.A. (1997). Sixth Edition Operations Research an Introduction. United States of America.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: