EKSPLORASI DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DNR-BASED INSTRUCTION

Marwia Tamrin Bakar, Karman La Nani, Darmawati Hadi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi disposisi matematis mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar melalui model pembelajaran DNR-Based Instruction pada matakuliah konsep dasar matematika. Ekspolasi ini dilakukan dengan menganalisis angket yang telah diisi oleh 55 mahasiswa tahun pertama pada salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Ternate. Analisis ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan memperhatikan hasil observasi pembelajaran. Angket disposisi disusun berdasarkan skala likers dengan empat pilihan jawaban yaitu Sangat sering (SS), sering (SR), jarang (JR) dan sangat jarang (JR). hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap percaya diri mahasiswa dalam menyelesaikan tugas matematika dikategorikan cukup. Mahasiswa memiliki sikap ulet dan gigih terhadap matematika berupa mampu menyelesaikan tugas matematika dalam waktu yang lama. Mahasiswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi berupa memplejari topik yang akan diajarkan dosen. Namun mahasiswa tidak fleksibel dalam penyelesaian tugas matematika, karena merasa nyaman menggunakan cara yang sudah dikenal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inputan kepada dosen agar pembelajarannya dapat memfasilitasi tumbuh kembang sikap positif terhadap matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bakar, T.M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman konsep dan Penalaran serta Disposisi matematis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui Model DNR-Based Instruction. Disertasi Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Tidak dipublikasikan

Bakar T.M, Suryadi D, Tonra S.W, Noto S.M. (2018) The association between conceptual understanding and reasoning ability in mathematic: An analysis of DNR-based instruction models. Journal of Physics: Conference Series 1088 (1), 012107

Bakar T.M, Suryadi D, Darhim D. (2019) Learning Obstacles on Linear equations concept in junior high school students: analysis of intellectual need of DNR Based Instructions. Journal of Physic: Conference Series 1157 (3) 032104

Cooke A. (2015). Considering Pre-Service Teacher Disposition towards Mathematics. Mathematics Teacher Education and Development, 17(1), 1-11.

Harel, G. (2008c). What is mathematics? A Pedagogical answer to a philosophical question. In R. B. Gold & R. Simons (Eds.), Proof and other dilemmas: Mathematics and philosophy (pp. 265–290). Washington, DC: Mathematical Association of America.

Harel, G & Koichu B (2010) An Operational Definition of Learning. The Journal of Mathematical Behavior 29, 115-124 Elsevier.

Hendriana H, Rohaeti E, Sumarmo U (2017) Hard skills dan Soft Skills matematika siswa. Bandung: Aditama.

Maxwell K (2001) Positive learning disposition in mathematics. ACE paper Issue 11. National Council of Teacher of Mathematics. (1989). Curriculum and Evaluation Standar for School Mathematics. Reston, VA NCTM.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000) Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA NCTM,

Nopriana, T & Noto, S. M (2017). Komunikasi Matematis dan Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Teorema, 1(2), 45-54.

Turan H, Kolais H, Ulusoy O.Y (2012). Comparison of the faculty of education students’ critical thinking disposition. Procedia 46 (2012) 2020-2024

Sumarmo, U. (2014). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Bandung: UPI.

Zakiah, N. E. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan self awareness siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika 2(1), 11-20. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: